Ratusan Berkas Belum Penuhi Syarat


Senin, 13 Juli 2015 - 19:18:35 WIB

“Kami berduyun ke sini untuk menjemput berkas. Ke­menag bilang berkas belum lengkap. Sudah 15 hari saya bolak-balik ke kantor Ke­menag karena berkas masih dianggap belum lengkap,” ucapnya pada Haluan, Senin (13/7).

Ketika guru tersebut mem­perlihatkan berkasnya, ter­te­ralah 20 poin persyaratan yang memang harus di­lengkapi. Mu­lai dari surat keterangan jam belajar, fotocopy absensi me­nga­jar, surat keterangan dari kepala sekolah ber­sang­kut­an dan be­berapa per­syara­tan lainnya.

“Saya tidak mengerti kom­puter sehingga agak kesusahan memenuhi persyaratan yang terus bertambah setiap kali berkas diajukan,” keluh guru yang masa bakti mengajarnya tinggal tersisa tiga tahun itu.

Menanggapi hal ini, Kepala Kemenag Kota Padang, Japeri, ketika dimintai keterangannya mengatakan, banyak guru yang mengurus sertifikasi ke Ke­menag Kota Padang yang ke­leng­kapan berkasnya tidak sesuai dengan ketetapan na­sional. Bagai­mana­pun, Ke­menag Kota tidak dapat mem­prosesnya ka­rena hal terkait dengan ke­uangan negara, se­hingga pe­ngu­rusannya harus sesuai dengan ketentuan negara pula.

“Seandainya kami me­mak­sakan untuk memproses ber­kas yang tidak lengkap, dan akhirnya sertifikasi dicairkan kepada guru. Guru tersebut terancam untuk me­ngem­bali­kan uang yang diterima itu karena berkas yang diajukan tidak lengkap. Ini yang di­ta­kutkan,” ucapnya.

Japeri memastikan, pada 27 Juli nanti hanya berkas yang lengkap yang akan diajukan ke KPPN. Sedangkan bagi yang belum lengkap, berkasnya belum bisa diajukan ke KPPN untuk dicairkan haknya.

Hingga saat ini, sam­bung­nya, dari 67 guru berstatus PNS yang mengajar di madrasah, sudah 49 berkas dinyatakan telah memenuhi syarat. Dari 120 guru non-PNS, sudah 90 berkas dinyatakan memenuhi syarat, dan dari 500 guru aga­ma di sekolah umum, hanya 82 berkas saja yang telah me­menuhi syarat.

Ia menambahkan, jatuh tempo penyerahan berkas pa­da 27 Juli nanti berlaku untuk sertifikasi periode Januari-Juni. Sedangkan untuk periode Juli-Desember, waktu yang diberikan untuk melengkapi berkas yaitu hingga 27 Agustus mendatang. “Setelah periode ini, ada waktu satu bulan untuk mengurus periode semester selanjutnya. Kami minta para guru memprioritaskannya,” tutup Japeri. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]