Calon Kepala Daerah Langgar Norma Etika


Senin, 13 Juli 2015 - 19:21:40 WIB

“Kita sebagai pen­ye­leng­gara tidak bisa menindak tegas atau melakukan se­ma­cam larangan, karena me­mang tidak ada aturan pasti yang mengikatnya. Jadi ka­lau­pun yang bisa bertindak sekarang ini adalah pe­me­rintah daerah setempat,” ungkapnya, Senin (13/7).

Dikatakan juga, pe­me­rin­tah daerah bisa saja mem­berikan sanksi atau pem­bersihan baliho serta span­duk tersebut dengan lan­dasan sudah mengganggu tata keindahan kota, ke­nya­manan, dan pohon pe­lin­dung karena letaknya yang cenderung di tempat-tempat umum.

“Untuk kampanye nanti­nya akan ditentukan oleh KPU berapa jumlah baliho dan spanduk yang akan d­i­pasang, baik di provinsi maupun kabupaten kota. Jadi pemasangan baliho saja sudah masuk pelanggaran, apalagi dituliskan visi misi calon yang bisa disebut curi star dalam kampanye. Ten­tunya hal ini secara etika tidak boleh,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Sumbar Elli Yanti menyatakan hal yang sama. Pihaknya sebagai pengawas pemilu belum dapat bertindak terkait de­ngan banyaknya baliho dan spanduk yang berserakan di tempat umum. Mulai dari pohon-pohon, halte, setiap tikungan dan simpang. “Un­tuk saat ini kita tentu tidak bisa menindaklanjutinya, karena yang bersangkutan belum terdaftar sebagai ca­lon di KPU,” ujarnya.

Ditambahkan, secara fo­r­mil memang tidak ada un­dang-undang atau peraturan yang mengikatnya atau yang melarang calon untuk me­masang baliho dan spanduk. Namun secara etika, ten­tunya calon akan kena, ka­rena sudah memulai diluar jadwal kampanye yang jelas-jelas belum dilaksanakan oleh KPU. (h/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:06:30 WIB

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah sebelumnya dua calon mundur, penjaringan calon Ketua Umum Kadin Kota Padang akhirnya menyisakan tiga nama. Namun, setelah sidang yang alot, dua calon lagi yakni, Buchari Bachter dan Dady Fa.
  • Kamis, 21 November 2019 - 17:50:16 WIB

    Dua Calon Mundur dari Bursa Ketum Kadin Padang

    Dua Calon Mundur dari Bursa Ketum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dua orang bakal calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Padang mundur dari pencalonan saat digelar Musyawarah Kota (Muskot) Kadin Padang di Hotel Mercure, Kamis (21/11) sore..
  • Selasa, 19 November 2019 - 23:45:45 WIB

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Padang menggelar Musyawarah Kota (Muskota) di ball room Mercure Hotel, Kamis, 21 November 2019 mendatang. Hal itu dikatakan Ketua Karteker, Sam Salam dida.
  • Senin, 14 Agustus 2017 - 17:42:10 WIB

    Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya

    Baliho dan Poster Bacalon Kepala Daerah Tak Sesuai Perda, Walikota Padang: Sat Pol PP Sudah Tahu Tugasnya PADANG, HARIANHALUAN.COM—Wali Kota Padang, Mahyeldi, akhirnya angkat bicara tentang baliho dan poster bakal calon kepala daerah Kota Bengkuang ini yang mulai muncuil sejak beberapa waktu belakangan. Menurutnya, hal seperti .
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:08:18 WIB
    JELANG KONFERPROV PWI SUMBAR

    Tiga Calon Mulai Bergerilya

    PADANG, HALUAN – Tiga kandidat Ketua PWI Sumbar periode 2016-2021 mulai ber­gerilya mencari dukungan suara jelang Kon­frensi Provinsi (Konferprov) Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) Sumbar yang akan diselenggarakan Seni.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]