200 Ribu Perantau Pessel Mudik Lebaran


Selasa, 14 Juli 2015 - 19:23:39 WIB

“Dalam hal ini, mudik lebaran selain untuk tujuan ber-Halal bi Halal, juga bisa dijadikan untuk ajang ber­kumpul melepas rindu ber­sama keluarga, sanak-sau­dara, dan tetangga. Pulang kampung selain merupakan sebuah pilihan, kini juga telah menjadi semacam tra­disi yang mendarah daging di tengah-tengah masyarakat kita,” katanya.

Untuk mengatasi ke­ra­wanan masa lebaran 1436 H, Polres Pesisir Selatan me­ner­junkan 300-an personil ga­bungan. Selain itu di da­erah ini juga didirikan Pos PAM Lebaran. Untuk me­ngop­timalkan Pos PAM di­tempatkan polisi, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya sesuai kebutuhan lapangan.

Kapolres Pessel AKBP Deni menyebutkan, pene­tapan tujuh titik tersebut berkaitan dengan tingkat kerawanan di jalan raya. Masing masing titik memi­liki kerawanan berbeda se­suai dengan budaya ma­syarakat dan karakter medan di masing masing Pos PAM.

“Kepada para pemudik, kami mengimbau agar tetap berhati –hati, dan selalu memperhatikan rambu lalu lintas yang ada. Gunakan perlatan dan perlengkapan berkendara sesuai dengan aturan sebagai pengendara, khususnya para penguna roda dua,” imbau Kapolres.

2.000 Perantau SAS Pulang Basamo

Sedikitnya, 2000 pe­ran­tau Sulit Air Kabupaten Solok yang tersebar di 83 ca­bang SAS (Sulit Air Se­pakat) yang ada di Indonesia dan luar negeri, akan meng­gelar pulang basamo pada Hari Raya Idul Fitri 1436 H ini.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Sulit Air,Hendri Dunan S.Sos Dt Endah Bon­su di Sulit Air mengatakan, SAS cabang Jakarta sudah ada kepastian jumlah pe­rantau yang akan pulang basamo,yaitu sebanyak 300 buah mobil. Saat ini sedang ditunggu kepastian dari 82 cabang SAS lainnya.

“Kalau dilihat dari antusias perantau Sulit Air yang ada di Jakarta, maka bisa diperkirakan paling sedikit 2000 perantau Sulit Air akan pulang pada hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ujar Hendri Dunan. (h/har/eri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]