Rifa Yendi-Zulhikmi, Belum Lolos Verifikasi


Selasa, 14 Juli 2015 - 19:24:36 WIB
Rifa Yendi-Zulhikmi, Belum Lolos Verifikasi

Pada awalnya, untuk kita ketahui lagi pasangan Rifa­yendi-Zulhikmi menye­rah­kan 50.845 dukungan. Dari Jumlah tersebut KPU Li­ma­­puluh Kota melakukan ana­lisis dukungan ganda. Dida­pati data dukungan ganda berjumlah 5.083 du­kungan. Maka jumlah yang diturun­kan KPU Li­ma­puluh Kota untuk diveri­fikasi adminis­trasi dan fak­tual oleh PPS menjadi 45.762 berkas du­kungan.

Baca Juga : Sumbar Siapkan 50 Persen Jalur Zonasi pada PPDB 2021

Setelah dilakukan veri­fikasi administrasi dan fak­tual oleh PPS, maka dengan demikian dukungan pasa­ngan ini masih belum meme­nuhi syarat dukungan mini­mal untuk maju dari jalur perseorangan dalam penca­lonan bupati dan wakil bu­pati Limapuluh Kota. Sebab jum­lah syarat minimal du­kungan untuk calon in­de­pen­­den ini sebagaimana yang ditetapkan KPU Lima­puluh Kota berjumlah 31.­125 dukungan. “Dengan hasil Pleno ini maka, dapat kita ketahui bersama bahwa dukungan terhadap pasa­ngan Rifayendi-Zulhikmi masih belum mencu­kupi. Dari syarat minimal duku­ngan, jumlah ini masih ku­rang 5.697 dukungan,” ujar ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata pada pe­ngujung Pleno.

Koordinator Divisi So­sia­lisasi KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi men­jelaskan bahwa dari hasil rekapitulasi tersebut maka pasangan Rifayendi-Zulhik­mi harus menyerahkan du­ku­ngan kembali minimal dua kali dari jumlah keku­rangan tersebut, yaitu mi­nimal se­jumlah 11.394 du­ku­ngan lagi. “Sebagaiman yang diatur olek PKPU, dukungan se­banyak 11.394 ini mesti diserahkan kem­bali pada masa perbaikan 4-7 Agustus 2015. Kemudian KPU dan jajarannya kem­bali me­laku­kan verifikasi administrasi dan faktual tanggal 12-16 agustus 2015 nanti, “ ujar Ilham men­jelaskan. Pada kesempatan terse­but Ri­fayendi dan Zul­hikmi yang hadir langsung pada rapat pleno tersebut dapat me­ne­rima jumlah dukungan yang dinyatakan memenuhi sya­rat oleh KPU tersebut. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]