Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp12 M


Rabu, 22 Juli 2015 - 18:13:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Pessel sudah jadi des­tinasi utama pariwisata Sum­bar saat ini. Oleh ka­rena itu, pemprov Sumbar dan peme­rintah pusat juga men­dorong angka kun­ju­ngan dengan penyediaan infra­struktur. Misalnya jalan akses wisata Mandeh-Sungai Nya­lo, yang dialokasikan sebesar Rp12 Miliar, parkir dan sarana di objek wisata se­misal Ca­rocok. Dana ter­se­­but bisa terealisasi bebe­ra­pa minggu kedepan,” kata Irwan.

Melihat banyaknya wisa­t­awan di KWBT Mandeh yang menikmati libur leb­a­ran, Irwan menyatakan bah­wa ia senang melihat ba­nyak­nya jumlah kunjungan wi­satawan ke objek wisata di Pessel.  Sementara itu, Wa­bup Pessel, Editiawarman me­nyebutkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pessel dari sektor pariwisata me­lebihi target. Capaian PAD lewat penjualan tiket pada lebaran ini menembus angka Rp600 juta. Angka itu belum ter­masuk parkir dan bagi hasil dengan perusahaan yang menyewakan peralatan di objek wisata.

Target PAD Pessel sektor pariwisata tersebut, kata Editiawarman, sudah di­revisi. Sebelum APBD Pe­rubahan tahun 2015 di­sah­kan, target PAD disektor ini sekitar Rp2miliar.

Ia menjelaskan, uang dari tiket masuk itu disetor ke DPPKAD Pessel dalam waktu cepat. “Jadi kami tidak akan pernah me­nyim­pan uang tersebut selain disetorkan ke DPPKAD. Ini untuk mengantisipasi ter­jadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kun­jungan wisatawan ke Caro­cok selama libur Lebaran rata-rata sekitar 25.000 pe­ngunjung per hari. Jumlah ini jauh meningkat diban­dingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 15.000 setiap hari.

Pengunjung Carocok Diasuransikan

Kadis Pariwisata Pessel, Gunawan berujar, para pe­ngunjung Pantai Carocok Painan tidak perlu kuatir dengan keselamatan mereka selama berada di lokasi wisata, karena setiap pe­ngujung yang masuk secara resmi sudah masuk asuransi Bumi Putera.

“Asuransi menjadi hal penting dalam upaya men­jaga keselamatan pengun­jung selama berada di ka­wasan Pantai Carocok. Asu­ransi bagian dari upaya pe­me­rintah menjamin ke­se­lamatan para wisatawan Pan­tai Carocok,” sebutnya.

Menurutnya, sebagai ob­jek wisata favorit, Pantai Carocok Painan kian ramai didatangi, tidak saja wi­satawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Oleh ka­ren­a itu, keamanan pe­ngu­n­jung wajib dijamin.

Beberapa tahun silam, termasuk tahun ini, lanjut Gunawan, terjadi kece­la­kaaan di Pantai Carocok. Hal itu membuat pihaknya terus membenahi aspek pe­ngamanan dan keamanan pengunjung. Salah satu cara­nya adalah dengan mem­bangun pengaman pantai dan juga asuransi.

Ia menambahkan, tahun depan karcis masuk ke Ca­rocok dilengkapi dengan kartu asuransinya. “Tahun ini memang karcis belum di­leng­kapi dengan kartu asuransi, namun belajar dari penga­laman tahun ini, ke depan hal ini diterapkan sehingga pe­ngunjung merasa lebih puas,” katanya. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM