Hari Pertama Masuk Kerja Diwarnai Sidak


Rabu, 22 Juli 2015 - 18:14:17 WIB

Dikatakannya, di ling­kungan Pemko Bukittinggi tercatat sebanyak 3.762 ASN, termasuk guru. Na­mun, pada hari pertama kerja dan pe­ngam­bilan apel perdana yang hadir hanya para kepala seko­lah, karena guru masih libur.

Pada hari itu, Pemko Bu­kit­tinggi menggelar apel per­dana dan silaturahmi dengan seluruh jajaran ASN di Pela­taran Balaikota Gulai Bancah. Apel yang dipimpin Ismet Amzis, diikuti oleh seluruh pimpinan SKPD, baik eselon II, III dan IV serta karyawan.

Apel serupa juga digelar oleh Pemkab Tanah Datar, di lapangan kantor bupati di Pagaruyung. Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan, hari pertama kerja pegawai harus masuk karena libur sudah diberikan satu minggu. Ke­pada kepala SKPD, ia me­ngi­ngatkan untuk mengecek para pegawainya yang ma­ng­kir kerja pada hari pertama masuk kerja.

“Jika ada ditemukan pe­gawai yang tidak masuk,  segera beri peringatan serta sangsi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Di Dharmasraya, hari pertama masuk kerja, hanya sekitar 25 persen PNS di lingkungan Pemkab Dhar­masraya, yang masuk kerja. Hal itu terungkap ketika inspeksi mendadak dan apel pagi yang digelar oleh Pem­kab Dharmasraya, yang di­pim­pin oleh Sekdakab Dhar­masraya, Benny Mukhtar di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya.

Benny Mukhtar, me­nga­takan, pihaknya tidak me­mung­kiri banyaknya PNS di lingkungan Pemkab Dhar­masraya, yang tidak hadir pada hari pertama masuk kerja setelah. Namun, hal itu juga dipengaruhi karena ada juga PNS yang minta zin atau cuti.

Dikatakannya, se­andai­nya ada PNS di lingkungan Pemkab Dharmasraya yang libur setelah lebaran dan tidak ada pemberitahuan atau izin, maka ia akan memberikan sangsi kepada PNS yang mangkir tersebut, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 53 tentang  disiplin pegawai negeri.

Sementara itu, di Kota Pariaman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi, mengatakan, untuk memastikan kegiatan PBM berlangsung disekolah, pi­hak­nya akan melakukan sidak ke sekolah-sekolah, guna melihat secara lang­sung kegiatan PBM dihari pertama pelaksanaan belajar setelah libur lebaran.

Kepala BKD Kota Pa­ria­man, Khaidir yang di­hu­bungi secara terpisah me­nega­s­kan, pegawai negeri sipil yang indisipliner sudah ada didalam PP 53 tahun 2010. Bagi PNS yang me­langgar akan disesuaikan sanksinya dengan aturan tersebut. (h/tot/fma/mdi/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]