Hak dan Wewenang Pj Sama Dengan Bupati


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:03:55 WIB
Hak dan Wewenang Pj Sama Dengan Bupati

Sekretaris daerah Pro­vinsi Riau, Zaini Ismail, mengatakan, Pj Bupati yang akan dilantik sudah di­per­siapkan dan tanggalnya juga sudah ada. Namun siapa Pj yang akan menjabat di 4 Kabupaten Kota tersebut be­lum bisa di ekspose, ka­rena SK resmi dari Mendagri belum diterima.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

“Jadi sebelum persiapan palantikan kita sudah me­ngadakan rapat dengan ke­empat Sekda Kabupaten Ko­ta. Kita juga belum tau siapa nama Pj yang akan me­mim­pin,” ujar Zaini Is­mail, usai rapat bersama Sekda Meranti, Inhu, Dumai dan Bengkalis, Kamis (23/7).

Dijelaskan Zaini, Pj Bu­pa­ti yang nanti nya meng­gantikan Bupai yang telah habis masa jabatannya, me­miliki kewenangan yang sama, termasuk melakukan mutasi pejabat. Dan Pj Bu­pati juga memiliki hak yang sama seperti layaknya se­orang Bupati dan Walikota.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Jabatan Pj Bupati ini bisa saja lebih dari 8 bulan, karena harus menunggu pelantika seren­tak Bupati dan Wa­liko­ta se Indonesia. Di­ren­cana­kan pelantikan secara se­rentak Bupati terpilih akan dilaksanakan pada bulan Februari 2016 mendatang.

“Pelantikan Pj Bupati nanti akan langsung dilantik oleh Gubernur Riau, di Pekanbaru. Jadi haknya sama dengan Bupati, dapat mobil dinas, rumah dinas dan juga bisa memutasi,” jelas Sekda.

Sementara itu, Sekda Ka­bupaten Meranti Iqa­ruddin, mengatakan, untuk pe­lantikan Pj Bupati Me­ran­ti telah di­tetapkan pada tang­gal 30 Juli 2015, pelantikan langsung oleh Gubernur Riau, di ge­dung daerah, Gu­bernuran Riau, Pekanbaru. Namun Iqaruddin, juga be­lum me­ngetahui siapa yang akan menjadi Pj Bupati Me­ranti.

“Rapat bersama Sek­daprov untuk membahas pelantikan dan sertijab. Dan Meranti yang pertama dila­kukan pelantikan Pj Bupati, tapi saya belum tau siap yang akan menjadi Pj Bupati Me­ran­ti,” ungkap Iqaruddin.

Sementara itu, dari in­for­masi yang berkembang em­­pat calon Pj Bupati diantaranya, untuk Pj Bupati Bengkalis Asisten I Ah­madsyah Harrofie, Pj Bupati In­hu Asisten III Edi Kus­darwanto, Pj Bupati Meranti staf ahli Kasiaruddin, dan Pj Walikota Dumai Arlisman Agus.

Untuk diketahui, pe­netapan dan pelantikan Pj Bupati sesuai dengan udang-undang yang baru tidak lagi melalui rapat Paripurna DPRD. Dan pelantikan ser­ta undangan langsung dari Gubernur Riau.

Untuk jadwal pelantikan Pj Bupati dan Walikota telah disiapkan, sesuai dengan habisnya masa jabatan Bu­pati dan Walikota, yakni, untuk pelantikan Pj Meranti 30 Juli, Pj Inhu 2 Agustus, Pj Bengkalis 5 Agustus dan Pj Dumai 12 Agustus. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]