Layani Masyarakat, Pemda Gandeng PT Pos


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:05:05 WIB
Layani Masyarakat, Pemda Gandeng PT Pos

Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Ali Mukhni seusai Penandatangan Me­morandum of Under­stan­ding (MoU) dengan Kepala Regional II PT Pos Indo­nesia Persero Yuzon Erman, SE di Ruang Kerjanya, Rabu (22/7). Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) M. Fadhly, Kepala Kemenag Masri Can, dan Kabag Humas Hendra Aswara.

Baca Juga : Gubernur Janji Beri Tunjangan ke 4 Orang Penghafal Alquran 30 Juz PontrenMu Kauman Padang Panjang

“Alhamdulillah, satu lagi inovasi kita lakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan admi­nist­ra­si kependudukan dan cata­tan sipil dengan meng­gan­deng PT. Pos Indonesia. Saya kira Program layanan gratis ini yang pertama di Indo­nesia,” kata Bupati yang meraih Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI baru-baru ini.

Ali Mukhni mengatakan sebelumnya masyarakat men­­jemput dokumen ke­pendudukan dan catatan sipil ke kantor atau unit pelayanan terdekat. Namun sekarang, masyarakat di­man­jakan dengan cukup menunggu dirumah dan pe­tugas akan mengantar do­kumen tersebut via paket POS. “Jadi masyarakat bisa hemat biaya, waktu, tenaga dan bisa mengerjakan akti­fitas seperti biasa tanpa harus ke kantor Dis­duk­capil. Kita punya motto Saatnya Masyarakat Me­nikamti,” kata Alumni Har­vard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Baca Juga : Menginspirasi! Mahasiswa Solsel Layak Jadi Duta Petani Mileneal Berkat Usaha Itik Petelur

Sementara itu Kepala Regional II PT Pos Indo­nesia Persero Yuzon Erman mengapresiasi terobosan yang dillakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Duk­capil dalam upaya me­ning­atkan pelayanan kepada ma­syarakat. Ia yakin program ini akan menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat. “Kita apresiasi Bupati Ali Mukhni yang sungguh-sungguh dalam mem­­berikan pelayanan pri­ma yang menyentuh lang­sung kepada masyarakat. Insha Allah kita siap back up,” kata Yuzon Erman.

Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly mengatakan bah­wa selaku SKPD yang ber­hubungan langsung dengan masyarakat dalam pela­ya­nan administrasi kepen­dudukan dan pencatatan sipil berkontribusi dalam menentukan tingkat ke­puasan masyarakat dalam pelayanaan pemerintah sela­ma lima tahun terakhir.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Kaum Kerajaan Sungai Kambut Dharmasraya Gelar Goro Bersama

Berpijak dari berbagai kritikan dan masukan ma­syarakat melalui sarana pe­ngaduan SMS Center, Dinas Dukcapil berupaya mela­kukan pembenahan-pem­benahan dalam ber­bagai aspek pelayanan. Dian­tara­nya peningkatan saranand an prasarana, pem­bangunan sistem-sistem pendukung pelayanan, penetapan 41 Standar Operasional Pela­yanan (SOP), dan upaya-upaya pengendalian internal yang turut difasilitasi oleh Inspektorat Kabupaten Pa­dang Pariaman.

Ditambahkannya sejak tahun 2014 lalu, Dis­duk­capil berinovasi dalam pe­ning­katan kepuasan ma­syarakat melalui kerja sama dengan PT POS Indonesia untuk ekspedisi atau pe­ngiriman dokumen pela­yanan langsung ke rumah masyarakat baik di dalam maupun di luar Kabupaten Padang Pariaman dalam wilayah Indonesia.

Baca Juga : PDSKJI Bersama FK Unand dan IDI Sumbar Gelar Webinar: Bahaya Kecanduan Game Online, Napza dan Pornografi Mengintai Generasi Z

Dari hasil uji coba yang dilakukan selama empat bulan terakhir, program ini mendapat respon positif dari masyarakat yang di­terima melalui SMS Cen­ter dan layanan telepon. Dengan program kerja sama dengan PT Pos ini masya­rakat bisa hemat biaya trans­portasi dan waktu dalam pengurusan administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti pengurusan KK, KTP, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

“Jadi Layanan ini gratis semuanya sudah ditanggung Pemerintah Daerah. Ma­syarakat cukup menunggu dirumah saja dan dokumen diantar sesuai alamat,” kata Peraih Peringkat I Dik­latpim Tk. II Tahun 2013 yang lalu.

Program-program yang dilakukan Dukcapil pada tahun 2014 dan 2015 ini agar lebih bermanfaat untuk masyarakat dan juga dalam upaya menghadapi kom­petisi Citra Pelayanan Prima Tingkat Propinsi Sumbar Tahun 2016 mendatang. “Sesuai arahan Bapak Bu­pati, kita terus berupaya melakukan pelayanan ter­baik kepada masyarakat,” kata Jebolan STPDN Ang­ka­tan VI Ja­tinangor itu. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]