Petani Serai Wangi Terkendala Alat Suling


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:06:20 WIB
Petani Serai Wangi Terkendala Alat Suling

Pertemuan kelompol tani penggerak serai wangi diprakarsai Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan Kota Solok. Dalam pertemuan itu juga tampak hadir Kepala Bidang Produksi Eka Yul­malinda, Kasi Kehutanan/Perkebunan Joni Harnedi dan Kepala Dinas Pertanian Jefrizal.

Baca Juga : Putra-Putri Terbaik di Indonesia Siapkan Diri, Penerimaan Polri Segera Dibuka

Menurut Usmaini dari kelompok tani Kalumpang Saiyo, luas areal serai wangi yang diusahakan 4 hektar. Semua sudah mulai panen tahap I dan II bahkan panen sudah bisa dilaksanakan 3 bulan sekali. Namun sejak alat suling Balitro Laing rusak, penyulingan terpaksa ditunda dan yang rugi itu petani sendiri karena harus panen dan penyulingan ti­dak dilaksanakan.

Alat suling milik Balitro Laing itu berkapasitas 1 ton, dengan kapasitas cukup besar bisa menuai keun­tungan walau tipis bagi peta­ni serai wangi, hanya saja alat penyulingan rusak. Untuk mengatasi penyulingan, alat suling memang ada di ke­lompok Damar Jaya, namun kapasitasnya 0,5 ton, itupun harus antrean dengan ke­lompok lain.

Baca Juga : Delapan Personel Polda Sumbar Diberhentikan, Kapolda: Polisi Itu harus Humanis 

Ketua asosiasi serai wa­ngi, nilam dan klausena Sumatera Barat Januardi dalam kesempatan itu me­minta Dinas Pertanian selaku SKPD teknis bisa memfasilitasi alat suling nilam.

Memang sudah ada bantuan dari provinsi di tempatkan di Tanah Garam, namun terkendala biaya tata niaga. Harusnya alat suling itu ditempatkan di lokasi hamparan serai wangi.

Baca Juga : PJU Polda Sumbar Lakukan Vaksinasi Covid-19, Puluhan Ribu Personel Menyusul

Kalau di areal serai wa­ngi, siap pemanenan lang­sung disuling, tidak ada lagi biaya transportasi dari lahan ke mesin penyulingan. Ka­lau masih menggunakan biaya transportasi, keuntu­ngan yang diperoleh petani makin kurang. Padahal, di Tanah Garam tempat alat suling didirikan itu tidak ada kebun serai wangi. (h/alf)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]