Harga Melambung, Petani Cabai Untung


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:12:22 WIB

Mahalnya harga cabai membuat petani bersyukur, lagipula kebutuhan cabai keriting bagi masyarakat di Luak Limopuluah, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, cendrung meningkat, terutama saat menjelang bulan Ramadhan dan lebaran Idulfitri. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani cabai.

Kadis Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, Afrizul Nazar yang dihubungi beberapa hari yang lalu di Sarilamak mengatakan, lahan cabai yang digarap sejumlah kelompok tani di Tanjung Bungo, cukup luas. Namun yang sudah berhasil panen seluas 6 hektare dengan produksi rata rata 100 kg perharinya.

Salah satu kelompok tani tersebut yakni, Kubota paling giat bertanam cabai. Sehingga mereka mampu membangun tempat penggilingan cabai berukuran 8x6 meter yang menghabiskan dana Rp600 ribu. Sedangkan mesin gilingnya bantuan pemerintah. Selepas lebaran ini mesin giling cabaimini itu siap dioperasikan.

Menurut dia, mamfaat mesin giling cabai mini, untuk mengantisipasi harga cabai anjlok. Ketika harga turun anggota kelompok tani bisa memanfaatkan mesin giling untuk menggiling cabai yang dipanen agar mampu bertahan lama untuk disimpan. “Jadi petani menyimpan terlebih dahulu dan menjual ketika harga cabai sudah stabil,”ulasnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]