Di Painan akan Dibangun Jembatan Layang Pariwisata


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:15:18 WIB

Disebutkan untuk me­nampung wisatawan objek wisata di Painan memang perlu segera dikembangkan. Kelanjutan pembangunan jalan pariwisata Carocok, Puncak Langkisau dan PD­AM Bukit Baliang dan me­nembus Timbulun Pai­nan Timur yang sudah dimulai tahun lalu melanjutkan jalan AMD.

Selanjutnya Edi­tia­war­man menyebutkan, jem­ba­tan layang Bukit Lang­kisau-Bukit Baling-baling me­rupakan perencanaan besar pengembangan objek wisata di kawasan Painan oleh Pemkab Pessel.

“Pembangunannya ber­langsung secara bertahap dan sebagiannya telah di­mulai. Di Puncak Langkisau telah dibangun beberapa fasilitas termasuk jalan. Sementara itu di pinggir baratnya juga telah selesai jalan dari Jembatan Salido melalui Pantai Salido-Ca­rocok yang menyisiri pinggir Langkisau.

“Sementara dari PDAM juga telah dibangun jalan menuju Bukit Baliang-ba­liang. Jadi yang tersisa itu adalah jalan dari puncak Langkisau ke Bukit Putus dan jembatan layang yang menghubungkan Bukit Lang­kisau dengan Bukit Putus yang dibawahnya ada­lah Jalan Nasional atau Lin­tas Barat Sumatera,” ka­tanya menjelaskan.

Ia menyebutkan, dari Bukit Baliang-baliang perlu dibangun jalan tembus me­nuju objek wisata Air Terjun Timbulun yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Painan. Jadi, jalan dan jembatan ini nantinya akan menghubungkan tiga objek wisata sekaligus yakni Ca­rocok, Pucak Langkisau dan Air Terjun. Jalan ini nan­tinya juga akan bisa mem­berikan nuansa baru untuk menikmati keindahan Kota Painan dari ketinggian.

“Jika selama ini ke­in­dahan Kota Painan hanya dapat disaksikan dari Pun­cak Langkisau, maka wisa­tawan nantinya dapat menik­ma­ti pusat kota dengan cara mengitari kota tersebut m­e­lalui puncak Bukit Lang­kisau dan Bukit Baliang-baliang,” katanya.

Ia meyakini, jalur lingkar itu dapat membuat betah pengunjung bila datang ke Painan. Hanya dengan satu kali kunjungan, maka tiga objek wisata dapat di­sam­bangi.

“Nanti ketiga objek wi­sata itu akan menjadi satu kesatuan. Artinya dengan ada jalan lingkar yang dihu­bungkan jembatan layang, ketika orang ke Painan yang diingatnya tidak hanya Ca­rocok akan tetapi ada objek lain yakni puncak Langkisau dan Air Terjun Timbulun yang terdapat di sisi timur Kota Painan,” tuturnya.

Ia berharap pariwisata menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah dan masyarakat setempat. Po­tensi itu perlu dieksploitasi dan dikelola sebaik mung­kin dan mendatangkan kese­jahteraan bagi rakyat. “Wi­sata adalah potensi besar Pessel yang masih dalam proses pe­ngem­bangan dan penggarapan,” katanya. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 22:40:13 WIB

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi diketahui banyak memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan itu pun bukan hanya sekadar bantuan, tapi benar-benar yang bermanfaat bagi masyarakat banyak..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 20:58:55 WIB

    Mulyadi Terus Upayakan Pembangunan Berkelanjutan di Sumbar

    Mulyadi Terus Upayakan Pembangunan Berkelanjutan di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Perjuangan Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi bagi masyarakat tidak pernah berhenti. Berbagai bantuan diberikan, agar masyarakat merasakan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari..
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 20:10:55 WIB

    Gelar Aksi Sosial, Ali Mukhni Bersihkan Jalan Bersama Relawan Dunsanak Mulyadi

    Gelar Aksi Sosial, Ali Mukhni Bersihkan Jalan Bersama Relawan Dunsanak Mulyadi HARIANHALUAN.COM - Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Ali Mukhni melakukan jalan santai bersama Relawan Dunsanak Mulyadi. Sembari berolahraga, Ali Mukhni juga melakukan aksi sosial dengan memungut sampah di se.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 19:50:44 WIB

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19

    Seorang Dosen di Padang Sembuh dari Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Seorang dosen yang berasal dari Kota Padang dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19 melalui konversi negatif sebanyak dua kali yang dilakukan oleh laboratorium penanganan virus corona di Sumbar. D.
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 18:47:41 WIB

    Hari Ini 38 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar, Tiga Diantaranya Anak-anak

    Hari Ini 38 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sumbar, Tiga Diantaranya Anak-anak HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 38 kasus positif terinfeksi virus corona kembali dilaporkan hari ini, Minggu (9/8/2020). Tiga orang diantaranya terdapat bocah berumur tiga bulan, dua dan tiga tahun. Dua orang berasal dari Kota Pa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]