Kejari Pariaman Tetapkan Dua Tersangka


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:15:54 WIB
Kejari Pariaman Tetapkan Dua Tersangka

Selanjutnya sprindik ke­empat dugaan peny­alah­gunaan dan penyimpangan penggunaan anggaran pe­nyediaan proyek air bersih di Kecamatan Lubuk Alung dengan kerugian negara se­kitar Rp4,4 milIar. Pada kasus ini ditetapkan dua orang tersangka, yakni Peng­guna Anggaran (PA) inisial Z Kadis PU. Padang Paria­man, kemudian Kuasa Peng­guna Anggaran (KPA) be­r­inisial OP dan rekanan.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Kemudian sprindik keli­ma atas nama KK. Terakhir, sprindik keenam pada per­kara Kabag Umum Pemko Pariaman berinisial R de­ngan dugaan penya­lah­gu­naan/penyimpangan dana pemeliharaan rutin ken­daraan dinas/operasional dan jabatan tahun 2012 -2014.

Hal tersebut dipapar Ka­jari Pariaman Yuli Taria, didampingi Kasi Pidum Resmen, saat jumpa pers, Rabu(22/7) di ruang Kejari Pariaman.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Selain itu, kata Yuli Ta­ria, terdapat satu penye­lidikan yaitu, dugaan pe­nyalahgunaan dana Tempat Pungutan Retribusi dan penyimpangan anggaran pem­bangunan terminal di Kayu Tanam pada perkara Dinas Perhubungan Padang Pariaman. Ia melanjutkan, ke­mung­kinan ada tersangka baru berdasarkan masing-masing perkara, karena se­tiap saksi berpotesni jadi tersangka sepanjang ada dua alat bukti yang cukup se­hingga me­mudahkan dan tidak ada beban dalam pe­meriksaan. Adapun indikasi Tipikor di antaranya, peker­jaan tidak sesuai spek dan kontrak  kemudian peren­canaan yang tidak dilak­sanakan.

“Pemulihan atau pe­ngem­balian keuangan ne­gara tetap dilakukan, namun dalam UU Tipikor pasal 4 tidak akan menghilangkan tuntutan hukum pada ter­sangka tapi hanya meri­ngankan hukuman. Anca­man hukuman yaitu pada pasal 2,3,9 dan18 UU Ti­pikor No 31 th 1999 dan No. 20 th 2000 dengan kurungan minimal 1 hingga 4 tahun. Semua pihak terkait dengan kuasa, penyusunan, dan penganggaran  sudah di­periksa,”tutup Yuli. (h/mg-man)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]