20 Persen Koperasi Masih Bermasalah


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:25:13 WIB

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kota Padang, Yu­nis­man, beragam persoalan koperasi yang ada di Padang, namun satu tahun terakhir ini sudah disele­saikan satu persatu dan khu­sus untuk KJKS yang wajib ada di setiap kecamatan semenjak tahun 2014. “Ta­hun 2014, pergerakan kope­rasi di Padang sudah me­ngarah ke KJKS,” ujarnya.

Dikatakannya, koperasi sya­riah di se­tiap kelura­han diharapkan akan mampu membantu perekonomian masyarakat, karena sistem syariah dinilai lebih ber­masyarakat. “Dengan per­tim­bangan itu pula, di se­tiap kelurahan ada KJKS. Namun, masih ada kita temui kelurahan yang masih belum maksimal mengelola ko­perasi dengan persoalan RAT yang tidak jalan, pinja­man yang tidak dikem­bali­kan. Intinya pengelolaan belum profesional,” ucap­nya.

Lebih lanjut dikatakan Yunisman, secara kese­luru­han jumlah koperasi yang aktif di Padang sebanyak 600 unit koperasi. Dari jumlah itu, sebanyak 26 unit ko­perasi telah dibubarkan. “Terpaksa kita bubarkan, karena tidak memenuhi ketentuan koperasi,” je­lasnya.

Ditambahkannya, per­tumbuhan dan pencapaian kinerja koperasi di Padang tergolong tinggi. Angka pencapaian RAT (Rapat Anggota Tahunan) Padang mencapai 80,73 persen, jauh di atas RAT nasional yang hanya 44 persen. Untuk jumlah koperasi pun, dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, Padang mendominasi. Dari 2.271 koperasi di Sumbar, 600 berada di Padang atau sekitar 25 persen koperasi Sumbar.

“Berdasar angka itu, se­cara umum keberadaan ko­perasi di Padang terbilang bagus dibanding daerah lain. Dengan hasil itu, ke depan Dinas Koperasi dan UMKM akan fokus memberdayakan koperasi Syariah,” tuturnya.

Dilanjutkannya, kope­rasi yang aktif di Kota Pa­dang telah memiliki asset mencapai 1 triliun. “Suatu jumlah angka yang luar biasa menunjukan koperasi di Kota Padang telah ber­kem­bang dengan pesat. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]