Masyarakat Danau Kembar Merasa Cemas


Kamis, 23 Juli 2015 - 19:36:44 WIB
Masyarakat Danau Kembar Merasa Cemas

Tokoh masyarakat Na­gari Kampung Batu Dalam sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Solok Suhendri mengatakan, masyarakat tidak perlu panik tapi harus tetap waspada terhadap ben­cana alam.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

” Fenomena alam, bisa terjadi kapan pun dima­napun, oleh sebab itu ma­syarakat harus tetap siaga dalam keadaan apapun, kare­na keselamatan merupakan prioritas utama,” kata Su­hendri. Dikatakannya, angin pu­ting beliung atau angin limbubu ini sudah sering terjadi di daerah ini, cuma dalam skala kecil dan tidak menakutkan. Namun de­mikian ia minta masyarakat tetap waspada. Dan kepada  Pemkab Solok melalui BPBD dan SKPD terkait harus tetap siaga.

Jika ada bencana harus cepat tanggap memberikan bantuan, dan pe­nang­gula­ngan yang optimal, apalagi sekarang ini merupakan musim pancaroba yang ra­wan bencana alam, seperti angin kencang, hujan diser­tai angin, angin puting be­liung, longsor, banjir dan sebagainya dan terkadang tidak menentu,” jelas Su­hendri. Kepala BPBD Ka­bupaten Solok Abdul Ma­nan mengatakan bencana puting beliung dapat di­prediksi sejak awal, karena ada   tanda-tandanya. Un­tuk itu masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan sejak dini. sehingga saat akan datangnya bencana, risiko bencana bisa diminimalisir. Masyarakat bisa mencari tempat pengamanan, dan menyelamatkan diri se­be­lum terjadinya bencana.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

“Bila terjadi angin besar yang membentuk pusaran, Ia mengingatkan kepada ma­syarakat tak perlu panik cukup mencari dan me­ngamankan diri di sudut-sudut rumah, “kata Abdul Manan.(h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]