Pakai Sandal Jepit, Nyaman Namun Tak Selalu Aman


Jumat, 24 Juli 2015 - 16:48:34 WIB
Pakai Sandal Jepit, Nyaman Namun Tak Selalu Aman

Nah, berikut ini 5 saat ter­larang mengenakan san­dal jepit, seperti disam­paikan dr Andri:

Baca Juga : Banyak Remaja Akses Situs Porno, Efeknya Ternyata Merugikan pada Otak

1. Saat Mengendarai Sepeda Motor

Saat mengendarai sepe­da motor, apalagi jika dila­kukan dalam waktu lama, tidak disarankan menggu­nakan sandal jepit. Alasan­nya, sandal jepit minim pro­teksi pada kaki terhadap bahaya eksternal. Misalnya saja saat kaki mengalami benturan dengan kendaraan lain, aspal, maupun benda-benda lain di sekitarnya.

Baca Juga : Percepat Kesembuhan Pasien, Posko BLC Salurkan Bantuan 15 Kg Madu ke RSKI Galang

“Bahkan dapat mem­per­mudah terjadinya infeksi bila sudah terdapat luka sebe­lumnya, karena kaki akan terpapar kuman tanpa perlin­dungan,” terang dr Andri.

2. Saat Menyetir Mobil

Demikian pula saat me­nye­tir mobil, tidak disa­rankan menggunakan sandal jepit. Sebab karakteristik sandal jepit yang longgar dan lentur akan menyulitkan pengendara dalam mengin­jak pedal kopling, rem, atau­pun gas.

3. Dipakai dalam Waktu Lama

Jika Anda berniat beper­gian dengan menggunakan sandal jepit, sebaiknya niat itu Anda urungkan. Sebab alas sandal jepit yang cen­derung datar tidak mem­berikan topangan pada leng­kungan kaki, sehingga bila digunakan dalam waktu la­ma dapat menyebabkan nye­ri pada telapak kaki, tumit, bahkan sendi-sendi lain seperti lutut dan pinggul.

Tak cuma itu, leher pun dapat turut terasa nyeri aki­bat kompensasi perubahan posisi. “Apabila tetap ingin memakai sandal jepit, usa­hakan mencari sandal jepit yang mempunyai arch sup­port pada bagian telapak­nya,” saran dr Andri.

4. Saat Berolahraga

Ingin jogging? Sebaiknya siapkan alas kaki yang tepat. Jangan gunakan sandal jepit untuk aktivitas olahraga.

“Sandal jepit tidak akan memberikan topangan pada kaki sebagaimana sepatu olahraga. Akibatnya akan mudah terjadi cedera dan nyeri pada kaki,” jelas dr Andri.

5.Saat Berjalan di Jalan Licin

Ketika berjalan di jalan yang licin dan sedikit becek, penggunaan sandal jepit mungkin dirasa paling sim­pel. Jika kaki dan sandal kotor, tinggal disiram air saja maka akan langsung bersih. Tapi jangan biasakan meng­gu­nakan sandal jepit ketika berjalan di medan yang licin.

“Pengguna sandal jepit akan membutuhkan usaha lebih keras dalam berjalan, karena jari-jari kaki mesti mencengkeram lebih kuat, apalagi di jalan licin. Lambat laun akan dapat mengubah struktur jari-jari kaki sehing­ga tampak menekuk ke arah bawah, disertai nyeri di bagian atasnya,” ucap dr Andri memperingatkan. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]