Unggulkan Sektor Wisata Pantai dan Pulau


Jumat, 24 Juli 2015 - 16:51:02 WIB
Unggulkan Sektor Wisata Pantai dan Pulau

Sementara pondok-pondok kuli­ner tempat orang berjualan makanan tampak sedang dibuat oleh pedagang disebagian hamparan pasir pantai Gandoriah. Sementara di Pantai Cermin, sarana permainan untuk anak-anak, juga telah berdiri me­nunggu hari H untuk operasionalnya.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata, Efendi Jamal kepada Haluan, Selasa (14/7) menyebutkan, pada lebaran ini, pihaknya sudah siapkan spot-spot objek wisata pantai di Kota Pariaman.wisatawan tinggal kunjungi yang mana suka.

Baca Juga : Nikmati Sajian Unik Kelapa Muda Es Krim, Ditemani Indahnya Suasana Sore di Pantai Padang

Spot-spot itu pertama di Pantai Gandoriah, dari muara Pariaman sampai ke Mesjid di Gandoriah. Selain itu Pantai Cermin, Pantai Kata. Termasuk juga Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman.

Pada kegiatan, di Pantai Gan­doriah, kerjasama dengan masyarakat kelurahan pasir dan di Pantai Cermin, kita kerjasama dengan masyarakat Karan Aua.  Kalau di Patai kata kerjasama dengan masyarakat Karan Aua dan Taluak.

Objek wisata Pantai Gandoriah, disini ada permainan-permainan, termasuk juga ada buayan kaliang, buayan putar termasuk ada musik-musiknya juga. Di objek Wisata Pantai Cermin, ada permainan anak-anak disini dan di pantai kata , menjadi objek wisata keluarga juga.

Tentang wisata ke Pulau, seperti pulau angso yang menjadi ikonya, sudah tersedia kapal atau bot untuk mengakut penumpang/wisatawan yang hendak ke pulau jumlahnya lebih kurang 25 boat, dua puluh diantaranya itu di pantai gandoriah.

Di lokasi ini untuk menuju ke Pulau, ada dua tempat untuk menai­kan penumpang, selain di muara Pariaman, juga di Pantai Gandoriah. Soal penjualan tiket, itu sudah ter­sentral disana.

Menurut Kadis Pariwisata, harga tiket ke Pulau angso, hanya Rp30 ribu ditambah retribusi Rp10 ribu jadi totalnya Rp40 ribu. Ini harga untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak, tiketnya seharga Rp25.000 ditam­bah Rp5.000 retribusi. Semua itu ongkos pulang balik dari pantai ke pulau, pagi diantar ke pulau dan mulai pukul kempat sore, boat mengangkut penumpang di pulau kembali ke daratan.

Tentang laik layak boat yang akan mengangkut wisatawan ke pulau angso, cekingnya sudah dilakukan oleh dinas perhubungan. Dan soal keamanan savetynya sudah dirapatkan dengan perhubungan BPBD dan lintas instansi terkait lainya. Penumpang yang naik boat, dilengkapi dengan pengamanan seperti pelampung dan asuransi.

Sementara di Pantai Kata, ada juga boat yang ke pulau untuk membawa wisatawan. Disini jumlahnya ada sekitar lima buah, juga pakai karcis, dan savety dan asuransi penumpang.

Mengenai pengamanan pesta pan­tai di saat lebaran itu, dinas pariwisata telah melakukan koordinasi dengan kepolisisan, BPBD termasuk juga Satpol PP. Dan aparat ini siap mem­bantu pengamanan untuk kenya­manan pengunjung di objek wisata Pantai di Kota Pariaman.

Tentang persiapan anggota kese­hatan, telah membuka pos kesehatan di pantai Gandoriah dari pagi hingga sore mulai hari pertama lebaran, sampai beberapa hari kemudian. Tujuanya untuk memberikan pela­yanan kesehatan kepada pengunjung yang berwisata. Pos kesehatan itu dilengkapi dengan 1 unit ambulance.

Objek wisata di Pulau Angso Duo, disini pemerintah kota sudah mela­kukan penataan infrastruktur , ada jalan setapak, untuk memudahkan wisatawan berkeliling di pulau ter­sebut. Pulau ini menyimpan selain keindahan alam pantai, juga ada kuburan panjang dan sumur tua yang airnya tawar.

Dan di pulau ini ada kelompok-kelompok masyarakat yang mem­bikin paket-paket seperti menyelam yang bisa dimanfaatkan oleh wisa­tawan. Kegiatan pesta pantai ini mulai setelah sehari hari H, lebaran kalau lebaran tanggal 17 Juli, maka kegiatan tersebut mulai tanggal 18 hingga 26 Juli 2015, kata Efendi Jamal.

Sementara itu Kepala Dinas Kese­hatan Kota Pariaman Yutiardy Rivai, selama lebaran termasuk untuk kegiatan pesta pantai, pihaknya membentuk tim kesehatan, dengan melibatkan puskesmas dan  menem­patkan petugas yang ada di dua posko,  yaitu posko Gandoriah dan posko Pasar Pariaman.

Selain itu, dinas kesehatan men­siap siagakan dua puskesmas untuk rawat inap yaitu puskesmas kurai taji dan Padusunan. Dan puskesman yang lain tetap buka atau beraktifitas. Selain itu Dinas kesehatan juga melakukan pengawasan atas pelaya­nan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat oleh petugas kesehatan di tempat-tempat pelayanan kesehatan yang ada pada saat lebaran.

Kegiatan itu dimulai dari tanggal 17 Juli sampai 26 Juli 2015. Disini ada piket, ada tim pengawas yang dibagi tugas pada hari-hari tertentu. Dan kita menurunkan turun total, baik tenaga dokter ataupun petugas kesehatan. (***)

 

Laporan :
TRISNALDI

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]