Pertalite Resmi Diluncurkan, Sumbar Dapat Jatah 2016


Jumat, 24 Juli 2015 - 17:01:57 WIB
Pertalite Resmi Diluncurkan, Sumbar Dapat Jatah 2016

“Tahap uji pasar ini sangat penting bagi Pertamina untuk me­ngetahui animo masyarakat terha­dap Pertalite. BBM ini merupakan varian baru produk non subsidi Pertamina yang diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen, terutama segmen yang menghendaki bahan bakar dengan tarikan mesin enteng, bayar­nya juga enteng dan kendaraan melaju lebih jauh,” ucap Dwi Soe­t­jipto, Direktur Utama Pertamina.

Baca Juga : Kecewa, dr Tirta Sebut Konten dr Kevin Samuel juga Mesum

Memiliki kandungan oktan lebih tinggi, Pertalite diharapkan bisa menjadi pilihan baru bagi masya­rakat. Namun begitu kehadiran Pertalite dipastikan tidak meng­gangu distribusi dari premium sendiri.

“Tidak ada penghilangan untuk jenis Premium, kondisinya sampai sekarang Premium masih bisa di­kon­sumsi. Proses pembelian dan penggunaanya masih bisa dilakukan di SPBU Pertamina. Pertalite ini merupakan produk baru sebagai pilihan baru untuk masyarakat, bukan untuk mengeser yang sudah ada,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro.

Baca Juga : Dicerca Netizen, Yuni Shara Justru Beri Jawaban Terimakasih

Sementara di Sumatera Barat, PT Pertamina baru akan melun­curkan Pertalite pada 2016 menda­tang. Sales Executive Retail Rayon VIII Pertamina, Adri Angga Aditya mengatakan, Pertalite untuk diluar Jawa, terutama di Sumbar, belum ada tahun ini. Karena kendalanya saat ini tentu harus menyiapkan depot, SPBU, dan tangki-tangki dan sejumlah kebutuhan lainnya.

“Sumbar baru akan dapat jatah pada 2016 nanti. Jika penjualan Pertalite direalisasikan, maka akan ada perombakan, ada yang di swi­ching tangkinya. Kemungkinan premium akan banyak dikurangi,” ulasnya.

Baca Juga : Gegara Nikahan Atta-Aurel Bukan Sih? Thariq Halilintar Kini Positif COVID-19

Pihaknya juga optimis bahwa Pertalite dapat di terima di tengah masyarakat, “Segmennya ada, spek mesin itu harusnya sekarang RON 90. Dari pihak-pihak komunitas seperti Gaikindo, mereka juga support untuk pengguna Pertalite untuk kendaraan,” ujarnya.

Bukan Pengganti Premium

Baca Juga : Yuni Shara Disindir Saat Pakai Ulos, Netizen: Terlihat Tua dan Keriput

Mulai dipasarkannya Pertalite sebagai jenis bahan bakar baru, bukan berarti menggusur Premium seperti yang diwacanakan sebe­lumnya. Pertamina dan Pemerintah menjamin ketersediaan Premium tetap seperti biasa, dan keberadaan Pertalite akan menambah pilihan masyarakat.

Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja menegaskan bahwa Pertalite adalah diversivikasi produk, bukan menggantikan Premium.

“Masih banyak masyarakat yang butuh premium, khususnya di level bawah, dan ini harus dipenuhi. Kami berharap ada kompetisi yang sehat, misalnya, jangan sampai orang beli Premium habis terus, lalu terpaksa pindah Pertalite,” ujar Wirat—sapaan Gusti Nyoman Wiratmadja.

Penegasan itu kembali ditekan­kan Anggota Komisi VII DPR-RI Ramson Siagian yang dalam sere­moni pengisian perdana di SPBU COCO 31.102.02 di Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, bahwa masyarakat boleh melapor jika ada SPBU yang tidak menyediakan Premium saat menjual Pertalite.

“Tim Reformasi Migas memang usul Premium dihapus dan diganti. Tapi tidak bisa, karena itu reko­mendasi teknis. Keputusan DPR dan pemerintah plus Pertamina, Premium tetap ada. Lapor saja kalau tidak ada Premium,” kata Ramson.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto juga mengatakan bahwa saat ini tidak ada rencana Pertamina menghapus Premium. Dirinya men­jamin stok bahan bakar RON 88 ini seperti biasa. (h/mg-rin/kpc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]