MUI Imbau Warga Agam Tak Terpancing Tolikara


Jumat, 24 Juli 2015 - 19:26:45 WIB

Pertemuan ini, katanya, untuk menyikapi kasus ben­trok yang diawali ketika puluhan orang yang diduga anggota jemaat Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) mem­protes penyelenggaraan sha­lat Id di lapangan Markas Komando Rayon Militer 1702-11/Karubaga.

Ia menambahkan, infor­masi yang diperoleh MUI kecamatan dan KUA di 16 kecamatan, belum ada gejolak dari masyarakat Agam.

Namun pihaknya ber­harap agar kasus itu tidak terulang lagi dan pihak ber­wajib harus menindak tegas para aktor dibalik kasus tersebut.

Untuk antisipasi dam­pak kasus Tolikara, MUI Agam akan membuat surat yang akan ditujukan ke MUI Pusat melalui MUI Sumbar.

“Kita juga akan menem­buskan surat tersebut ke Polda Sumbar dan Mabes Polri,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Agam, MUI Agam dan lain­nya agar kasus ini tidak terjadi di wilayah hukum Polres Agam meliputi Ke­camatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Muti­ara, Matur, Palembayan dan Ampek Nagari.

Selain itu, memberikan pemahaman kepada ma­syarakat agar mereka tidak terpancing. “Kami juga me­nitipkan umat nasrani yang ada di Kecamatan Tanjung Mutiara kepada ninik mamak atau tokoh adat, terkait keamanan mereka,” katanya. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]