Penjualan Baju Seragam Pasar Raya Menurun


Jumat, 24 Juli 2015 - 19:31:35 WIB

“Jika memikirkan ini, tidak ada untung lagi bagi pedagang kon­veksi. Jika beralih jualan juga tidak mudah persaingannya. Biasanya, kami panen ketika tahun ajaran baru ini,” tutur Jasman.

Menurutnya, pola yang di­te­rap­kan oleh pemerintah dalam pe­nga­daan seragam siswa baru memang berbeda, jika dibandingkan dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, seragam sekolah di­serahkan kepada wali murid, s­e­ka­rang sudah ada sekolah yang me­ng­hen­del seluruhnya. Mulai dari seragam sekolah yang putih, hingga pramuka.

“Malah saya mendengar ada sekelompok pihak yang me­n­ghen­del seragam sekolah ini bekerja sama dengan konveksi yang ada di Jawa. Tapi, apapun kebijakan dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang tentang pengadaan seragam sekolah yang merugikan konveksi di Pasar Raya Padang ini sudah kami bi­ca­rakan dengan pihak terkait. Mereka saja yang tidak mau mendengarkan isi hati kami,” jelasnya.

Ia menuturkan, sebagai pe­dagang jika tidak untung percuma saja jualan, karena pedagang se­mua­nya bergantung dari jual beli yang dilakukan setiap hari. “Jika tidak ada jual beli, bagaimana kami mau melanjutkan hidup anak kami dan dapur kami gimana supaya asap tetap mengepul. Bisa-bisa gulung tikar satu persatu pedagang kon­veksi di Pasar Raya Padang,” urainya.

Andri, pedagang seragam di Pasar Raya Padang juga men­yam­pai­kan isi hatinya, semakin hari penjualan seragam sekolah me­mang menurun. Apalagi, pakaian seragam merupakan dagangan mu­siman yang tidak selalu dibeli oleh masyarakat.

“Kalau sembako setiap hari orang butuh. Nah, kalau seragam sekolah hanya waktu tertentu saja orang membelinya, seperti tahun ajaran baru. Paling tidak mengganti seragamnya yang sudah tidak bisa dipakai dan itu juga tidak terjadi dalam sekali sebulan,” jelasnya.

Walaupun begitu, Andri ber­syukur, karena jualannya tidak hanya seragam sekolah saja. Di­se­lingi dengan pakaian anak-anak, sehingga jualannya tidak satu jenis saja. “Kita harus pintar untuk mengakalinya. Jika seragam se­ko­lah saja yang kita jual, tentu kita tidak akan be­run­tung,” tutupnya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 Maret 2018 - 01:04:36 WIB
    SUDAH DIBATASI PERDA

    Penjualan Miras Masih Bebas

    Penjualan Miras Masih Bebas PADANG, HALUAN----Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur mengunjungi DPRD Kota Padang, belajar tentang Peraturan Daerah (Perda) Minuman Beralkohol. .
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 06:32:58 WIB

    Hukum ‘Penjualan Uang Baru’ Masih Pro dan Kontra

    Hukum ‘Penjualan Uang Baru’ Masih Pro dan Kontra PADANG, HALUAN — Se­tiap menjelang Lebaran tiba peredaran uang baru di pinggir jalan semakin ramai. Ini mem­buat pro dan kontra terjadi di masyarakat tentang hukum ‘penjualan uang baru’. Se­mentara terkait hal itu be.
  • Jumat, 30 Oktober 2015 - 19:51:33 WIB

    Pedagang LPC Keluhkan Penurunan Omset Penjualan

    PADANG, HALUAN — Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, dan ingin mengunjungi pantai, Pantai Padang mungkin menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di Kota .

  • Rabu, 15 April 2015 - 19:07:29 WIB

    Kenaikan Elpiji 12 Kg Pengaruhi Penjualan

    PADANG, HALUAN — Ke­putusan pemerintah menaikkan harga gas elpiji kapasitas 12 kilogram (kg), ternyata ber­dam­pak terhadap penjualan baik di tingkat pengecer maupun di tingkat agen. Ditakutkan, kon­.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]