Hari Ini, KPU Gelar Simulasi Pendaftaran Calon


Jumat, 24 Juli 2015 - 19:32:03 WIB

Pada hari Jumat (24/7), KPU juga terlebih dahulu sudah melakukan gladi resik penerimaan pendaftaran calon secara internal yang diperankan oleh staf kesekretariatan KPU Sumbar yang bertempat di Aula KPU.

Menurut Mufti, dalam skenario yang dibuat KPU ada beberapa hal yang nantinya harus diikuti oleh tim kampanye pasangan calon yang datang untuk me­nyerahkan berkas persyaratan pencalonan. Setelah itu, berkas yang berupa softcopy dan hardcopy diterima oleh tim penerima berkas syarat dukungan, berkas kemudian diteliti kesesuaian antara berkas softcopy dan hardcopy oleh tim penelitian berkas.

Hasil penelitian selanjutnya diserahkan ke komi­sioner KPU untuk dibuatkan berita acara pe­nerimaan syarat dukungan, dan dalam berita acara penerimaan dijelaskan berkas syarat pencalonan sudah sesuai atau belum sesuai dengan Keputusan KPU. Contohnya tentang pedoman teknis tata cara pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar tahun 2015.

“Selanjutnya berita acara disampaikan kepada pasangan calon dan tim suksesnya. Jika ada ke­kurangan agar pasangan calon itu untuk segera dilengkapi. Namun apabila tidak bisa dilengkapi syarat yang kurang, maka pasangan calon itu dimasukkan pada kategori calon tidak memenuhi syarat (TMS),” pungkasnya. (h/mg-rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]