Suntoro Dijebloskan ke Rutan Siak


Ahad, 26 Juli 2015 - 18:40:31 WIB

Eksekusi tersebut, lanjut Emri, dilakukan setelah pihaknya menerima putusan lengkap dari Mahkamah Agung terkait vonis Suntoro. “Kita juga telah menyurati yang bersangkutan untuk datang ke Kejari Siak Sri Indrapura. Dia kooperatif dengan datang sendiri ke Kejari Siak Sri Indrapura dan akhirnya kita eksekusi,” pungkas Emri.

Untuk diketahui, upaya Suntoro lolos dari jeratan hukum terkait kasus korupsi pengadaan lahan untuk BLK Kabupaten Siak di­men­tah­kan Mahkamah Agung. Bah­­­kan, Suntoro men­dapat­kan hukuman 4 tahun. Se­belumnya dirinya hanya divo­nis 16 bulan oleh Pe­nga­dilan tingkat pertama dan kedua.

Suntoro didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi pengadaan lahan untuk pembangunan Ge­dung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Siak ber­sama Juarman, mantan Camat Mempura.

Perbuatan Suntoro ini terjadi pada tahun 2006 lalu. Berawal, pada kegiatan pe­nga­daan lahan untuk BLK di Desa Paluh, Keca­matan Mem­pura. Dimana Suntoro bersama Juarman terpidana 1 tahun 4 bulan meminta para pemilik ta­nah me­nan­datangani kwi­tansi ganti rugi lahan se­harga Rp45.000 per meter. Bersama Juarman, dirinya melaporkan kepada Set­dakab Siak Adli Malik (alm), bahwa pembebasan lahan untuk pembangunan Gedung Workshop (BLK) telah tuntas.

Realisasinya, perjanjian ganti rugi yang ditetapkan pihak Pemkab Siak kepada pemilik tanah melebihi har­ga kwintasi yang dibuat Sun­toro dan Juarman, sehingga terjadi mark up harga ke­pada pemilik lahan. Atas per­buatannya, negara diru­gikan sebesar Rp302.700.000. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]