Pedagang Kebakaran Pasar Lubuk Buaya Bersihkan Lokasi


Ahad, 26 Juli 2015 - 19:06:13 WIB
Pedagang Kebakaran Pasar Lubuk Buaya Bersihkan Lokasi

Menurut Walikota Pa­dang, Mahyeldi yang turut berbaur dalam gotong-ro­yong, kegiatan tersebut se­bagai bentuk dari persatuan pedagang. Mereka bertekad kembali bangkit dari mu­si­bah itu, dan mereka juga bersedia bersabar sementara tempat berdagang mereka bisa dibangun kembali.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

“Sementara ini kita ma­sih menunggu penyelidikan forensik dari kepolisian, sehingga belum bisa untuk membersihkan total,” kata walikota. Namun, Pemko Padang sudah menyepakati dengan pedagang untuk me­ngu­pa­ya­kan secepatnya pe­m­benahan pasar yang di­lalap api itu. “Kita juga akan mencarikan solusi bagi pe­dagang te­ru­tama untuk modal, nanti kita upayakan kerja sama dengan per­ban­kan,” ujarnya.

Pembicaraan dengan pe­dagang dilakukan pada Ju­mat (24/7) malam, di Masjid Al Ikhsan Lubuk Buaya. Pertemuan berlangsung lan­car dan dihadiri seluruh pedagang yang kiosnya ter­bakar, serta beberapa kepala dinas terkait. Pantauan Ha­luan di Pa­sar Lubuk Buaya, terlihat pedagang masih berjualan di sepanjang jalan, sehingga membuat jalan lalulintas macet. Sedangkan bekas kebakaran berada di be­la­kang pasar atau sedikit ke dalam. Kalau di lihat dari luar memang tidak nampak. Bekas kebakaran masih ko­song dari aktifitas.

Baca Juga : Pemuda Villa Indah Padang Bagi-bagi THR, Pakai Cara Tak Biasa

Salah seorang pedagang sembako, Suri berharap pemko tidak hanya mem­berikan kesejukan berupa gotong royong. Tapi bukti nyata berupa bantuan tem­pat berdagang. “Kami se­nang dikunjungi dan goro bersama pemimpin Kota Padang. Tapi, kami juga butuh tempat berdagang untuk melanjutkan usaha kami ini,” ujarnya. Ia me­nam­bahkan, perputaran usa­ha di Lubuk Buaya selama ini cukup baik, sehingga dia memang tidak ada niat un­tuk pindah ke tempat lain.

Ucok, warga Medan yang sudah bertahun berdagang di Pasar Lubuk Buaya me­nga­takan, kebakaran ini sudah dua kali terjadi. Dia menilai, jika terjadi kebakaran me­mang harus bangkit sendiri.

“Kalau kita meng­harap­kan pemerintah saja susah­. Anggaran mereka ter­pe­rinci, walaupun kebakaran pasar itu sebuah bencana. Kita sebagai pedaganglah yang harus pintar untuk me­mi­kir­kan hidup,” ulasnya.

Ucok  berharap pemko agar cepat tanggap ketika terjadi kebakaran. Paling tidak memberikan solusi bagi pedagang di mana tem­pat untuk berjualan. (h/rel)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]