Gempa Bukittinggi dari Pergerakan Segmen Sianok


Ahad, 26 Juli 2015 - 19:17:55 WIB

Dijelaskan  Ade Edward, gempa yang berturut-turut tersebut merupakan zona patahan besar yang me­nyam­bung. Dikatakannya, karena menyambung itulah sehing­ga dapat diperkirakan ke mana arah gempa tersebut berjalan. Hanya saja, para peneliti tidak bisa mem­prediksi kapan waktu terja­dinya gempa selanjutnya.

Ade mengatakan, kedua gempa yang baru saja terjadi berada pada satu jalur de­ngan gempa yang pernah terjadi pada Maret 2007, yang dikenal dengan gempa Solok. Gempa delapan tahun silam, terjadi akibat dua segmen sekaligus, yaitu segmen si­anok dan segmen sumani. Se­hing­ga, gempa be­r­ke­kua­tan 6,4 SR tersebut meng­guncang sepanjang, Solok - Padang Panjang - Bu­kit­tinggi - Palupuh (Agam) dan mengakibatkan kerusakan yang sangat besar.

Menurut Ade, kawasan segmen sianok dan segmen sumani mempunyai ke­uni­kan, yaitu overlapping arti­nya ada bagian yang tum­pang tindih. Segmen sianok sampai ke segmen sumani dimulai dari Palupuh - Bu­kittinggi - Padang Panjang - Batipuh (Tanah Datar) - Sumanik. Kemudian, ke selatannya, segmen sumani, di­mulai dari Batipuh - Su­manik - Solok - Alahan Pan­jang - Gunung Talang.

"Sehingga ada yang over­lapping antara Batipuh dan Sumanik, ada dua patahan Sumatra. Satu di bagian barat Danau Singkarak, satu lagi bagian timur Danau Singkarak. Itu lah yang membentuk Danau Sing­karak, ada overlapping," tutur Ade.

Dikatakannya, Batipuh dan Sumanik merupakan da­erah yang berisiko tinggi mengalami gempa. Periode ulang gempa merusaknya, yaitu lima hingga 10 tahun. "(Periodenya) singkat, ka­rena banyak dilalui patahan-patahan," ujar dia.

Sehingga, lanjut Ade, pemerintah daerah setempat harus lebih mengenali ka­rak­teristik daerahnya, mana yang beresiko tinggi ben­cana dan mana yang lebih aman. Selain itu, kata dia, ba­ngunan-bangunan di da­erah-daerah tersebut harus siap menghadapi gempa. (h/rep)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]