10 Titik Panas Terpantau di Sumbar


Ahad, 26 Juli 2015 - 19:23:47 WIB
10 Titik Panas Terpantau di Sumbar

“Kita sudah sering melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan pembakaran lahan, apalagi dengan kondisi cuaca saat ini. Kita di Sumbar sebenarnya tidak mengenal yang namanya kemarau hanya saja curah hujan rendah,” te­rangnya. Curah hujan rendah ini kata Budi, masih akan ber­lang­sung hingga pertengahan Agustus mendatang. Sehingga warga di­minta untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Dari data BMKG Padang yang diambil dari Kementerian Kehu­tanan, 10 titik panas itu terdapat lima titik di Kabupaten Dhar­masraya, tiga titik di Kabupaten Limapuluh Kota, dan di daerah Sijunjung dua titik.

“Untuk kelembaban sendiri mencapai 80 persen, jadi sangat retan terjadinya kebakaran la­han,” ujar Budi.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Informasi yang diperoleh Haluan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, dari pantauan satelit Modis dan (Terra- Aqua) pada Minggu (26/7) wilayah Sumatera kembali dikepung titik panas, dimana terdapat 308 titik panas yang tersebar di sejumlah provinsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Pu­r­wo Nugroho melalui surat elek­troniknya menyampaikan, 308 titik panas ini tersebar di Riau 122 titik, Sumatera Selatan 59 titik, Jambi 58 titik, Bengkulu 10 titik, Sumbar 19 titik, Sumut 25 titik, Bangka Belitung 9 titik, Ke­pulauan Riau satu titik dan lima titik di Lampung.

Sutopo juga meminta agar kepala daerah dan aparat yang ada diharapkan aktif turun ke la­pangan untuk melakukan pence­gahan di daerahnya. Karena pen­cegahan lebih efektif dari pemadaman. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]