Lapas Narkotika Sawahlunto Segera Dioperasionalkan


Senin, 27 Juli 2015 - 20:00:09 WIB
Lapas Narkotika Sawahlunto Segera Dioperasionalkan

“Saat ini, masih dalam masa persiapan untuk me­nerima penghuni narapi­dana narkotika,” ujar Kepala Lapas Narkotika Sawah­lunto, Badarudin, Amd.IP, SH. MH kepada Haluan, Senin (27/7).

Baca Juga : Sejahterakan Petani Ikan di Pasaman, Diskan-BUMNag akan Menjalin MoU

Hal itu terungkap, dalam peninjauan yang dilakukan Walikota Sawahlunto Ali Yusuf bersama jajarannya, terhadap kesiapan Lapas Narkotika ‘Kota Arang’, dalam menerima penghuni lapas.

Badarudin yang kini di­per­kuat 16 petugas Lapas Narkotika lainnya mengaku, lapas yang dipimpinnya tersebut, telah memiliki komputer, mesjid, aliran listrik,  dan aliran instlasi air, serta kendaraan dinas.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 286, Sembuh 100, dan Meninggal Dunia 1 Orang

“Yang masih dalam pro­ses, yakni penyempurnaan pemasangan kawat pe­nga­manan. Jika rampung, kami akan segera melaporkannya ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sum­bar,” ungkap jebolan Ak­a­demi Ilmu Pemasyarakatan tahun 1999 itu.

Terkait penghuni lapas sendiri, pria kelahiran Pa­lembang 25 Agustus 1975, yang juga alumni S2 Hukum Universitas Sriwijaya 2008 itu mengatakan, merupakan para narapidana narkotika yang kini mendekam di Lapas dan Rutan di Su­matera Barat.

Baca Juga : Jelang Pilwana Pessel, Panitia dan Pengawas Ikuti Bimtek

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, mengatakan jika seluruh persiapan rampung, peresmian Lapas Narkotika dapat dilakukan 1 Desember 2015 mendatang, seiring dengan peringatan hari jadi kota Sawahlunto.

Dalam peninjauan yang diikuti Sekda Rovanly Ab­dams, Asisten I Bidang Pe­merintahan Irzam K, Badan Kepegawaian Daerah, Ba­gian Hukum, dan Humas itu, Ali Yusuf mengharapkan dilakukan penataan ter­ha­dap taman, lapangan olah­raga dan fasilitas pendukung lapas lainnya.(h/dil)

Baca Juga : Perangi Corona, DAU untuk Kabupaten Pessel Dipotong Hingga Rp 100 Miliar

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]