BPBD Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan


Senin, 27 Juli 2015 - 20:09:29 WIB

Pelaksana Tugas (PLT) BPBD Sumbar, Zulfiatno yang ditemui Haluan Senin (27/7) di ruangannya menu­turkan, kondisi cuaca yang beberapa hari belakangan memang sangat sulit untuk ditebak, sehingga warga di­minta untuk tetap menjaga ke­se­lamatan dan me­ning­kat­kan kewaspadaan.

“Kami dari BPBD terus berkoordinasi dengan BM­KG untuk melakukan pe­man­tauan cuaca. Infor­masi dari BMKG baru kami tin­dak­lanjuti dengan ber­koor­dinasi dengan BPBD kabu­paten/kota,” terangnya.

Awal Juni lalu, kata Zul­fiatno, BPBD provinsi telah me­­nyurati BPBD kabu­pa­ten/kota untuk mela­kukan antisipasi kekeringan sesuai dengan arahan BMKG, na­mun kenyataannya cuaca malah hujan.

“Perubahan cuaca secara tiba-tiba itu yang memang sulit untuk kami pantau. Meskipun begitu kami tetap berkoordinasi dengan pe­tugas di lapangan,” pung­kasnya.

Untuk potensi bencana seperti puting beliung, ujar Zulfiatno, hampir merata di wilayah Sumbar. Begitu juga dengan bencana long­sor dan banjir yang kerap terjadi.

Ditambahkannya, saat ini BPBD tetap me­nyia­gakan personil di lapangan, baik untuk antisipasi puting beliung, kekeringan, banjir, longsor, mau pun untuk mengantisipasi bencana lain yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Kami meminta warga bisa membaca tanda-tanda alam,” imbaunya.

Sementara itu, Kasi Ob­ser­vasi dan Informasi BM­KG Padang, Budi Iman Sa­miaji yang dihubungi ter­pisah menuturkan, memang dari prediksi cuaca di Sum­bar masih akan kering hing­ga pertengahan Agustus mendatang.

Namun, kata Budi, war­ga juga diminta untuk was­pada dengan perubahan cua­ca yang kerap tidak me­nentu dalam beberapa hari bela­kangan.

“Kami akan terus me­mantau cuaca. Apa pun perubahan yang terjadi, ka­mi akan langsung ber­koor­dinasi dengan pihak terkait,” sebutnya. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:44:20 WIB

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor HARIANHALUAN.COM - Sejak Minggu, (17/5/2020) pagi, sejumlah daerah Kota Padang diguyur hujan lebat. Hujan yang terjadi di sejumlah daerah di kota ini berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor..
  • Jumat, 17 April 2020 - 10:19:02 WIB

    Pandemi Corona, DPRD Padang Minta BPBD Tingkatkan Kinerja

    Pandemi Corona, DPRD Padang Minta BPBD Tingkatkan Kinerja PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang meningkatkan kinerjanya serta saling koordinasi dengan semua pihak..
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:32:08 WIB

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, setidaknya telah menyebabkan beberapa kerusakan seperti pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang..
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.
  • Kamis, 04 Januari 2018 - 20:55:21 WIB

    BPBD Padang Butuh Motor Trail

    BPBD Padang Butuh Motor Trail PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung. Angin yang dikenal dengan siklon tropis tersebut mengamuk pada pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]