160 Kasus Kebakaran Melanda Padang


Senin, 27 Juli 2015 - 20:13:09 WIB

“Tahun lalu pada pe­rio­de yang sama, Kota Padang menderita 150 kasus ke­bakaran. Jumlah tersebut memang meningkat pada tahun ini, di mana tercatat 160 kasus,” kata Dedi ke­pada Haluan di ruang kerja­nya, Senin (27/7).

Berdasarkan data yang dirangkum BPBD-PK Kota Padang, bangunan pe­ruma­han adalah objek yang paling sering mengalami bencana kebakaran, di mana tercatat 90 kasus melanda bangunan rumah dan sejenisnya.

Menyusul di belakang bangunan perumahan, ter­dapat bangunan umum de­ng­an 23 kasus, kendaraan dan lain-lain yang masing-ma­singnya 19 kasus, bangu­nan industri dengan 10 ka­sus dan hutan serta kapal de­ngan masing-masing dua kasus.

Sedangkan dari segi du­ga­an penyebab terjadinya kebakaran, konsleting listrik masih menjadi momok pa­ling menakutkan dengan 103 kasus, disusul penyebab lain-lain sebanyak 41 kasus, kompor dengan 12 kasus dan lampu minyak dengan 4 kasus.

“Penyebab paling ba­ny­ak masih hubungan arus pendek. Pada tahun lalu saja, dalam setahun terdapat 203 kasus kebakaran yang di­duga disebabkan oleh listrik dan di tahun ini pada enam bulan pertama sudah 103 kasus kebakaran dengan penyebab yang sama,” lanjut Dedi.

Masih berdasarkan data yang dikeluarkan BPBD-PK Kota Padang, total kerugian yang diakibatkan oleh ke­bakaran di Kota Padang selama Januari-Juni 2015 mencapai Rp16,5 miliar lebih dengan dua korban jiwa. Sedangkan diperiode yang sama tahun lalu, ke­rugi­an yang dihadapi ber­jum­lah Rp10.5 miliar lebih, namun dengan enam orang korban jiwa.

Ditambahkan Kasi Ops Pemadam Kebakaran, Su­har­di mengatakan, me­ning­katnya jumlah kasus ke­ba­karan pada semester awal 2015 dibanding periode sama pada tahun lalu, me­ma­ng dirasakan oleh para pe­tugas pemadam.

“Pada masa Lebaran ke­marin ada tiga kasus terjadi dalam satu hari. Karena jumlah personil yang masih terbatas, tentu ada kesulitan yang dialami, namun ba­gai­mana pun juga personil terus berusaha optimal saat me­la­kukan pemadaman,” ucap Suhardi. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]