Gubernur Terpilih Harus Perhatikan UMKM


Senin, 27 Juli 2015 - 20:25:20 WIB

Dikatakan Asnawi, se­jauh ini toh Sumbar tidak memiliki industri besar yang dapat menjadi penopang perekonomian di Sumbar. Sejauh ini, UMKM lah yang banyak berkontribusi untuk perekonomian di Sumbar.

“Kondisi perekonomian kita saat ini memang sedang goncang tentu bukan kita saja tapi secara nasional. Tetapi untuk bertahan de­ngan kondisi ini tentu butuh strategi, salah satunya de­ngan memajukan UMKM,” ujarnya.

Ke depan kata  Asnawi, calon gubernur yang me­mang memperhatikan UM­KM lah yang memang harus menjadi pilihan. Mengingat peran UMKM saat ini sudah sangat membantu masya­rakat. “Kita tahu gubernur milik rakyat bukan golo­ngan, jadi gubernur yang dekat dengan rakyat dan memperhatikan ke­se­jah­teraan masyarakat teru­tama masyarakat pengu­saha,” tandasnya.

Hal yang hamper senada juga diucapkan Ketua Per­satuan Hotel Restoran In­donesia (PHRI) Sumbar  Maluna Yusran. Dikatakan Maulana, Sumbar memiliki potensi yang sangat besar salah satunya melalui pari­wisata. Dengan pe­ngem­bangan pariwisata yang baik ujar Maulana, alirannya akan membuat  UMKM di Sumbar akan menggeliat, sehingga kesejahteraan ma­syarakat bisa terwujud.

“Kita sangat berharap gubernur nantinya mem­perhatikan pariwisata yang memang menjadi unggulan Sumbar. Pariwisata maju tentu usaha masyarakat juga akan menggeliat,” tandasnya.

PHRI juga menyorot adanya insiden ‘main pa­kuak’ yang sempat terjadi pada lebaran kemarin. Me­nurut PHRI ini merupakan masalah klasik yang sudah kronis dan memang harus segera dibenahi. “Butuh ketegasan pemimpin dae­rah untuk masalah ini. Karena ini sudah masalah klasik, kalau pariwisata kita lesu masyarakat yang kena im­basnya,” ungkap Maulana.

Sementara itu, Ketua Umum BPD HIPMI Sum­bar Zigo Rolanda melalui sambungan telepon me­nu­turkan, HIPMI sangat me­ngimpikan gubernur yang memang memberikan fa­silitas dan perhatian lebih kepada UMKM di Sumbar.

Selain UMKM kata Zi­go, gubernur terpilih nan­tinya juga harus dekat pe­ngusaha lokal. “Gubernur harus memperhatikan ke­beradaan UMKM dan pe­ngusaha local. Karena se­lama ini mereka lah yang menjadi tonggak pere­ko­nomian Sumbar,” kata Zigo.

Dilanjutkannya, satu hal yang memang tak bisa dilu­pakan yaitu gubernur harus memperhatikan pengusaha-pengusaha muda yang ada di Sumbar, apakah itu melalui pembukaan peluang usaha dan pemberian fasilitas.

“Pengusaha muda kita di Sumbar sebenarnya banyak, hanya saja mereka masih terkendala dengan regulasi yang dikeluarkan pe­me­rintah, seperti halnya peri­zinan. Kalau ini diper­mudah tentu akan membangkit gai­rah usahawan muda ini,” tutupnya.  (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]