Kondisi Cuaca di Riau Tidak Sehat


Senin, 27 Juli 2015 - 20:26:42 WIB
Kondisi Cuaca di Riau Tidak Sehat

"Asap memang agak se­dikit banyak, karena be­berapa daerah diguyur hujan dan water bombing juga melakukan pemadaman. Segungga asap muncul ke­per­mukaan dan mengarah ke Pekanbaru," ujar Edwar Sanger.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Dijelaskannya, tim sa­tuan tugas Karhutla terus bekerja untuk memadamkan titi api yang ada di Riau. Selain pembutan hujan me­lalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), BPBD Riau juga telah mendapatkan bantuan dua heli dari BNPB, untuk memadamkan titik api di daerah yang ter­jadi Karhutla.

"Hotspot mulai ber­ku­rang hari ini (kemarin red) terdapat 20 titik api. Dengan tambahan dua heli ini kita berharap bisa mengurangi titik api," kata pengurus Koni Riau ini.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Sementara itu, dari data yang diterima dari BMKG tercatat pada hari Senin (27/7) titik api di Sumatra seba­nyak 149 titik. Dan wilayah Riau titik api yakni sebanyak 45 titik. Diantaranya wilayah, Beng­kalis 10 titik, Kota Dunai 8, Pelalawan 4, Kampar 4, Rohil 1, Rohul 2, Kuansing 3, Inhil 9, dan Inhu 4 titik.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, Pemprov Riau ber­sama tim Satgas Karhutla dari pusat sudah berusaha maksimal untuk memadamkan titi api. Bahkan pusat kembali menam­bah dua heli dengan kapasitas yang lebih besar, agar pemadaman bisa lebih maksimal lagi.

"Yah kita sudah berusaha dan berdoa, kita juga tingkatkan koor­dinasi untuk pemadaman keba­karan, kita juga sudah menerima heli yang lebih besar. Selain itu pihak swasta juga turut mem­bangun," ungkap Plt Gubri. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]