Tiga Anggota DPRD Sumbar Siap Mundur


Senin, 27 Juli 2015 - 20:27:38 WIB

Sementara jumlah nama-nama wakil rakyat yang akan ikut Pilkada, sebelumnya lebih dari tiga nama. Seperti Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano di Tanah Datar, Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus di Agam, Trinda Farhan di Agam, Syahiran di Pasaman Barat, Marlis di Sijunjung, Liswandi di Sijunjung, Rizanto Algamar di Tanah Datar, Jasma Juni Dt Gadang di Padang Pariaman,dan Ismunandi Syofyan di Bukittinggi.

Arkadius yang awalnya berniat mencalon di Tanah Datar. Tak hanya baliho dan spanduk yang bertebaran, rekomendari dari Demokrat tinggal selangkah lagi di tangannya.

“Saya mengambil keputusan mengurung niat maju sebagai calon bupati. Pasca keputusan MK itu kajian saya menang bukan peluang. Sementara sebelum keputusan MK itu, kajian kami, kami yang menang. Lalu berikutnya  saat survei akhir Mei saya sedikit dibawah Irdinansyah Tarmizi yang memperoleh 60 persen dan saya 57,8 persen. Hasil survei itu menyebutkan berikutnya 38,5 persen Zuldafri Darma dan di bawahnya Edi Arman. Irdi­nan­syah naik hasil surveinya bisa jadi disebabkan oleh jabatan sebagai wakil bupati yang setiap saat bersentuhan langsung dengan masyarakat, Demokrat akhirnya mendukung Nelson Darwis-Muz­war,” sebut Arkadius.

Sementara Ketua Komisi I Marlis, menyatakan dirinya mun­dur dari rencana pencalonan karena mengikuti saran dari pusat.

“Ketua umum mengatakan bagi saya menghadapi petahana terlalu berat. Jika saya tetap maju, siapa yang akan memegang ken­dali penuh terhadap Hanura, ini yang dikhawatirkan,” ucap Marlis.

Sementara itu, meskipun na­ma Trinda Farhan disebut men­jadi pasangan wakil bupati Agam bersama Indra Catri, surat pem­beritahuan kepada pimpinan DPRD masih belum diterima sekretariat.

“Hingga hari kedua, kami baru menerima pemberitahuan dari tiga calon. Untuk yang lain­nya masih belum ada kabar. Masih ada satu hari lagi,” ucap Plt Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, Senin (27/7).

Raflis menjelaskan, sewaktu masa pendaftaran ini, anggota dewan yang berniat maju jadi calon kepala daerah  memiliki kewajiban untuk mem­berita­hukan hal tersebut kepada pimpi­n­an dewan. Terkait pengunduran diri, akan disampaikan ke DPRD usai ditetapkan sebagai calon oleh KPU.

“Setelah itu, baru akan di­proses oleh Mendagri selama 60 hari,” terang Raflis. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]