Warga Miskin di Tanah Datar Diberi Bantuan Jamban


Selasa, 28 Juli 2015 - 19:37:57 WIB

Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro mengatakan, TNI turut membantu program pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan Tanah Da­tar agar dapat dikerjakan secara maksimal dan dapat dinikmati langsung oleh ma­­sy­arakat membu­tuhkan­nya. “Anggota Kodim 0307 Tanah Datar sudah me­nye­rahkan sebanyak 48 unit jamban kepada masyarakat miskin,” sebut Dandim.

Sementara Kadis Ke­sehatan Tanah Datar, Des­ma­warita juga menyebutkan, ban­tuan tersebut meru­pa­kan program stimulan Dinas Kesehatan Kabupaten Ta­nah Datar berupa pem­be­rian bantuan jamban kepada masyarakat miskin yang belum memiliki jamban di rumahnya. “Dalam hal ini, Dinkes tidak membantu seutuhnya, tetapi hanya mem­­bantu bahan material dan pengerjaannya dibantu oleh TNI bersama swadaya masyarakat setempat. Tahun ini diberikan bantuan seba­nyak 150 unit di lima ke­ca­matan dan empat kecamatan sudah selesai pem­ba­ngunan­nya. Selama ini sebagian warga yang belum memiliki jamban BAB di sembarang tempat, seperti di sungai, ladang bahkan BAB dengan asoi terbang, dengan pro­gram ini hal itu tidak ada lagi,” sebut Desmawarita.

Ia berharap, masyarakat penerima bantuan tersebut dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga ma­sya­rakat tidak lagi BAB sem­barang tempat dan kesehatan masya­rakat serta lingkungan juga akan miningkat. Walinagari Labuh juga masih berharap Dinkes ber­sama TNI ber­kenan mem­bangun di jorong lain yang belum mendapatkan pro­gram tersebut, karena masih banyak warga yang be­lum memiliki jamban, harap wali Khairunnas. (h/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]