Walau Pilkada Head to Head Tetaplah Badunsanak


Selasa, 28 Juli 2015 - 19:48:32 WIB
Walau Pilkada Head to Head Tetaplah Badunsanak

Di Pilgub Sumbar head to head antara pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) dan pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB). Sedangkan di Pilbup Padang Pariaman antara pasangan  Ali Mukhni-Suhatribur dan pasangan Alfikri Mukhlis-Yulius Danil. Di Pilbup Agam head to head antara pasangan  Indra Catri-Trinda Farhan dan pasangan Irwan Fikri-Chairunnas.

Baca Juga : Cegah Warga Nekat Mudik, Polri Gelar Operasi Sebelum 6 Mei

Sementara di Pilbup Pasaman head to head antara Benny Utama-Daniel dan pasangan Yusuf Lubis-Atos Pratama. Sedangkan di Pilkada Kabupaten Dharmasraya akan berlangsung head to head antara Adi Gunawan-Jhonson Putra dan Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Amrizal Dt Medan.

Pada 9 Pilkada kabupaten/kota lainnya jumlah pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkompitisi beragam. Ada yang tiga pasangan, empat hingga lima pasangan calon. Di Pilkada Kabupaten Pasaman Barat jumlah pasangan calon yang akan bertarung ada 3 pasangan calon yang bertarung, yakni  Zulkenedi Said-Risnawanto, Syahiran-Yulianto dan Hamsuardi-Kartuni.

Baca Juga : Inilah Jam Kerja ASN pada Bulan Ramadan 1442 Hijriah

Pada Pilkada Kabupaten Solok Selatan, jumlah pasangan calon yang akan berkompetisi sebanyak tiga pasangan calon, yakni  Muzni Zakaria-Abdurrahman, Khairunnas-Edi Susanto dan Boy Iswarmen-Fachrul Murad (Independen). Di Pilkada Kabupaten Solok juga ada 3 pasangan calon yang akan bertarung mem­perebutkan kursi Agam 1 dan 2. Mereka adalah  Desra Ediwan-Bachtul, Gusmal-Yulfadri Nurdin dan Agus Syahdeman-Wahidup Kabupaten Tanah Datar.

Sedangkan di Pilkada Kabupaten Tanah Datar akan bertarung empat pasangan calon. Mereka adalah Syaherdam-Sultani, Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri, Nelson Darwis-Muzwar Edi dan Arman-Taufik Idris. Di Kabupaten Limapuluh Kota ada 4 pasangan calon yang akan bertanding, yakni Azwar Cesputra-Yunirwan Khatib, Asyirwan Yunus-Ilson Cong, Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan dan Rifa Yendi-Zulhikmi (Independen).

Baca Juga : Gawat! Ada 22.000 Senjata Api Dimiliki Warga Sipil di Daerah Ini

Pada Pilkada Kota Bukittinggi akan bertarung 5 pasangan calon. Mereka adalah Ismet Amzis-Zulbahri Majid, Taslim-Marfendi, Harma Zaldi-Rahmi Brisma, Febby Dt Bangso Putiah-Zulfikar Rahim dan Ramlan-Irwandi (Independen). Di Pilkada Pesisir Selatan akan bertarung empat pasangan calon, yakni Hendra Joni-Rusma Yul Anwar, Editiawarman-Bakri Bakar, Alirman Sori-Raswin, dan Burhanuddin-Novril Anas.

Pada Pilkada Kabupaten Sijunjung akan bertarung 3 pasangan, yakni Yuswir Arifin-Arrival Boy, Alshefline-Alpian Kasir, Muchlis Anwar-Maiyetrinaldi. Berikutnya di Pilkada Kota Solok akan berhadapan 3 pasangan calon,  yakni Zul Elfian-Rainer, Irzal Ilyas-Alfauzi Bote dan Ismael Koto-Jon Hendra

Baca Juga : Launching Polri TV dan Radio, Jenderal Listyo Sigit: Untuk Mengedukasi Masyarakat

eskipun Pilkada di 5 daerah akan berlangsung lebih sengit dibanding daerah lainnya, karena berlangsung head to head, namun hendaknya para calon dan para pendukungnya tidak lepas kontrol. Jangan hanya karena ingin menang, lalu menghalalkan segala cara dengan menjatuhkan, memburukan bahkan membunuh karak­ter calon yang lainnya. Sebaiknya laksanakan pesan-pesan yang ada di ranah minang. ‘Patarang sajo lilin awak, lilin urang jan dimatikan’.

Mari kita langsungkan Pilkada ini dengan konsep badunsanak. Jangan mencabik-cabik hubungan sila­turahmi di Pilkada. Sebaliknya, marilah kita saling merajut tali silaturahmi agar makin erat. Apalagi Pilkada hanyalah sarana, sedangkan tujuan yang sebenarnya adalah untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan serta  kemakmuran masyarakat. **

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]