Tujuh Calon Dijaring Jadi Lima


Selasa, 28 Juli 2015 - 19:51:41 WIB

Sekretaris panitia pe­mi­li­­han­ rektor Unand Hary Effen­di Iskandar kepa­da Haluan mengatakan, se­ba­­nyak 1.368 dosen yang me­miliki Nomor Induk Do­sen Nasional (NIDN) akan mem­­berikan suara dengan sistem one man one vote (satu orang satu suara). Pe­milihan akan digelar di Ge­dung Convention Hall Kam­pus Unand Limau Manis pada pukul 09.00-13.00 WIB.

“Kami berharap seluruh dosen Unand yang memiliki NIDN agar dapat mem­be­rikan suara dalam pemilihan rektor pada waktu yang di­jad­walkan. Soal teknis, me­ngikut kepada penye­leng­garaan pemilu sebagaimana biasa, ada kertas suara, bilik suara, kotak suara dan se­bagainya,” kata Hary.

Ardinis Arbain selaku Ketua Senat Unand me­nga­takan, setelah pemilihan (penjaringan) tingkat dewan do­sen dilakukan, tahapan selanjutnya adalah pen­jari­ngan ca­­rek menjadi 3 orang melalui rapat senat pada 5 Agustus nanti.

“Nanti tiga orang itu yang akan kita ajukan ke Menteri Riset, Teknologi, dan Pen­didikan Tinggi (Men­ris­tek­dikti) yang memiliki kewe­nangan suara sebanyak 35%. Dari situ baru diputuskan siapa rektor terpilih,” ujarnya.

Sebelumnya pada Senin (27/7) lalu telah digelar pemaparan visi dan misi serta debat terbuka antar carek. Debat disaksikan ang­gota senat Unand, dewan dosen, tenaga kependidikan serta beberapa mahasiswa dari Badan Ekse­kutif Maha­siswa (BEM) dan mahasiswa umum.

Dalam pemaparan visi dan misi, para carek seren­tak mengedepankan isu-isu strategis demi kemajuan Unand. Hal-hal seputar kom­petensi, peningkatan ranking, pengembangan pe­ne­litian, manajemen keua­ngan, peningkatan ker­jasa­ma, peningkatan sistem tek­nolo­gi pendidikan serta pemak­simalan potensi alum­ni ada­lah isu yang sela­lu dike­muka­kan setiap ca­rek.

Menurut penjelasan Ke­tua Panitia Pemilihan Rek­tor Unand, Firman Hasan, yang juga bertindak sebagai moderator debat, digelarnya debat sebelum pemilihan tingkat dewan dosen ber­tujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bagai­mana debat seharusnya dige­lar. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]