Partai Pengusung Irwan Fikri Ungguli Indra Catri


Selasa, 28 Juli 2015 - 20:02:06 WIB

Head to head, duo peta­hana, Indra Catri berpasa­ngan dengan Trinda Farhan serta Irwan Fikri dan Chairunnas bakal menyajikan, percaturan politik yang menarik, dan akan menguras banyak energi kedua kubu. Meski demikian keduanya meyakinkan kepada masing-masing pen­du­kung agar saling menghargai dan menyukseskan Pilkada Agam.

Pasangan bakal Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2016-2021 yang sudah mendaftar tersebut sudah memiliki pema­haman yang sama jika pelaksa­naan pilkada merupakan bagian dari kepentingan daerah serta harus disukseskan secara bersa­ma-sama. Kenyataan itu meru­pakan nilai plus dalam menyong­song pilkada Agam Badunsanak.

Dari hal itu semua, terdapat  beberapa fakta pencalonan kedua pasang itu pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam. Pasa­ngan Irwan Fikri mampu me­ngungguli incumbent Indra Catri dari pengumpulan jumlah partai politik pengusung. Pasangan Irwan Fikri Chairunnas, berhasil mengumpulkan tiga partai pe­ngusung, sementara Indra Catri dan Trinda Farhan hanya bisa menggalang dua partai pengusung.

Ketiga partai yang mengusung Irwan Fikri adalah, Partai Ama­nat Nasional (PAN) yang me­miliki sebanyak enam kusri, kemudian, Partai Demokrat seba­nyak sembilan kursi, dan partai Hanura sebanyak tiga kursi, de­ngan jumlah keseluruhan 18 kursi atau sebanding dengan 40 persen dari jumlah pemilih Kabupaten Agam.

Sementara, Indra Catri dan Trinda Farhan diusung PKS yang memiliki enam kursi di dewan, kemudian Partai Gerindra mempunyai empat kursi. Dari keduanya didapat 10 kusri atau setara dengan 22 persen suara dari keseluran jumlah pemilih. Kenyataan ter­sebut sebetulnya belum bisa menjadi gambaran sesungguhnya, tetapi ini merupakan fakta kekua­tan dari sisi partai pengusung.

Hal tersebut bisa menun­jukkan apabila kekuatan Irwan Fikri tidak bisa dipandang sebe­lah mata oleh Indra Catri. Apalagi pasangan Irwan Fikri dan Chai­runnas didukung oleh partai pemenang pemilu legislatif di Kabupaten Agam yaitu Partai Demokrat. Kedua pasangan terse­but setidaknya bisa menambah kekuatan dari partai yang tidak ikut serta seperti Golkar, Nasdem, PPP, PPB sebagai partai pen­dukung masing-masing kubu.

Ketika dimintai keterangan pasca mendaftar di KPU Kabu­paten Agam, Irwan Fikri menga­takan, pencalolannya menjadi bakal calon bupati merupakan tanggung jawab kepada daerah, dan panggilan jiwa, untuk berbuat lebih banyak di Kabupaten Agam. Selain itu pendaftarannya meru­pakan komitmen, serta jawaban bagi para pendukung.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan bakal fokus dengan kemiskinan jika sekiranya diberi­kan amanah pada pilkada kali ini. “ Kita miliki banyak potensi yang sebetulnya belum tergarap opti­mal. Hal ini harus menjadi per­hatian, jika serius tentunya bakal mendatangkan keuntungan besar bagi daerah,” jelasnya.

Irwan Fikri juga mengaku sangat optimis mentap pelaksa­naan pemilihan kepala daerah yang bakal dilaksanakan Desem­ber mendatang. Sekait dengan lebih besarnya jumlah dukungan partai kepadanya dari pada pasa­ngan lain ia enggan  berkomentar banyak, yang jelas sebelum pen­daftaran, dia mengaku berusaha keras mencari dukungan untuk maju pada pilkada Agam.

Sementara itu Indra Catri, saat pendaftaran bakal calon bupati dan wakil Bupati di KPU Kabu­paten Agam, mengatakan, terja­dinya pilkada head to head bukan persoalan, hal itu justu menun­jukkan tidak adanya lagi dikotomi Agam Barat maupun Agam Ti­mur. Siapapun putra terbaik Agam berpeluang maju sebagai orang nomor satu di kabupaten ini.

“ Tidak ada istilah Agam Barat maupun Agam Timur lagi, ini adalah Pilkada Agam, alek kita bersama. Jadi mari kita sukseskan sebagai agenda benar-benar badunsanak, jauh dari hal-hal yang bisa merugikan daerah,” katanya.

Ketua KPU Kabupaten Agam, Al Hadi mengatakan, KPU Sudah menerima dua pa­sang bakal calon dimana meru­pakan batas minimun pendaf­taran bakal calon kepalda dae­rah. Kerena sudah memenuhi batas paling minimum KPU Kabu­paten Agam tidak lagi membuka perpanjangan pen­daftaran. jadi, hanya ada dua pasang yang akan di proser pen­daftarannya, dengan lima jumlah keseluruhan partai pengusung dari kedua kubu.

Ia menambahkan, persyara­tan bakal calon akan kita periksa sesuai ketentutan dan tahapan yang sudah ditetapkan KPU, nantinya juga akan ada perbaikan. Kami sangat berharap seluruh tahapanya bisa terlaksana dengan sebaik mungkin.

“ KPU akan memeriksa ber­dasar persyaratan hingga tanggal 3 Agustus, sekira­nya ada keku­rangan, pasangan bakal calon, akan diberikan kesempatan mela­kukan per­baikan 4 sampai 7 Agustus,” jelasnya. (adv)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]