Gedung di Pekanbaru Hilang Tertutup Asap


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:31:12 WIB

Badan Metereologi Kli­ma­tologi dan Geofisika Sta­siun Pekanbaru menyatakan jarang pandang hanya ber­kisar 1.500 meter pada saat itu. Namun menjelang siang kondisi asap tak kunjung membaik namun justru tam­pak semakin tebal.

BMKG sendiri men­de­tek­si sebanyak 148 titik panas di Sumatera yang tersebar di lima provinsi yakni Bangka Belitung sem­bilan titik, Lampung empat titik, Jambi 35 titik, Riau 45 titik dan Sumatera Selatan 55 titik pada Selasa pagi.

“Di Riau titik panas ter­sebar di 10 Kabupaten Ko­ta,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin

Sugarin mengatakan bah­­wa Bengkalis dan In­dragiri Hilir merupakan daerah dengan titik panas terbanyak yakni sembilan titik diikuti Dumai delapan titik, Meranti satu titik, Pelalawan empat titik, Kam­par empat titik, Rokan Hilir satu titik, Rokan Hulu dua titik, Kuantang Singingi tiga titik dan Indragiri Hulu dengan empat titik.

Sementara itu untuk ting­­­kat kepercayaan 70 per­sen yang mengindikasikan keberadaan titik api terdapat 33 titik tersebar di Riau dengan Indragiri Hilir pe­nyumbang titik api ter­ba­nyak yakni delapan titik diikuti Dumai dan Bengkalis masing-masing tujuh dan lima titik. Sebelumnya kabut asap yang terjadi di Pekanbaru pada Senin lalu berimbas pada aktivitas hari pertama masuk sekolah di kota ter­sebut karena pekatnya kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan.

Guna menanggulangi efek kabut asap tersebut, pihak sekolah bersama Di­nas Kesehatan Provinsi Ri­au membagikan masker me­dis kepada siswa-siswa agar mereka tidak langsung meng­hirup asap yang mem­bahayakan kesehatan.

Kepala Sekolah SD Is­lam Terpadu Badan Pe­nge­lola Masjid An Nur, Raja Leni Marlina, mengatakan, sangat mewaspadai bahaya asap bagi kesehatan siswa-siswa. Karena itu, pihaknya me­niadakan apel pagi serta mengurangi jam pelajaran sekolah. Seluruh 272 siswa di sekolah tersebut dipu­langkan lebih cepat pada pukul 11.00 WIB, dari jad­wal normal pada pukul 14.30 WIB.

“Ini merupakan keb­i­jakan sendiri karena kami sekolah swasta jadi tidak perlu menunggu kebijakan dari dinas pendidikan se­tempat. Bahkan, pada saat kabut asap sangat parah pada tahun lalu kami lebih dulu terpaksa meliburkan siswa sampai seminggu,” ujarnya.

Kebijakan pihak sekolah untuk mengurangi dampak buruk kabut asap juga ter­lihat di SMK Muham­ma­diyah 1 Pekanbaru. Pihak sekolah membagikan 600 masker kepada siswa karena asap terasa hingga ke dalam ruangan kelas.

“Pemberian masker ke­pada siswa ini adalah ke­bijakan darurat, sehingga baru 600 masker yang bisa dibagikan padahal di se­kolah ini adalah lebih dari 1.000 siswa. Kami berharap ada bantuan masker dari pemerintah setempat,” kata Wakil Sarana dan Prasarana SMK Muhammadiyah 1, Hendri. (anc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:07:22 WIB

    Wapres Bakal Resmikan Gedung Gonggong

    Wapres Bakal Resmikan Gedung Gonggong TANJUNGPINANG, HALUAN — Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Lis-Syahrul optimis pem­ba­ngunan gedung Gonggong selesai tepat waktu, setelah keduanya melakukan penin­jauan langsung di kawasan Taman Laman Bunda, Tepi.
  • Jumat, 16 September 2016 - 02:36:19 WIB

    Gubri Prihatin Penemuan Narkoba di Gedung DPRD

    Gubri Prihatin Penemuan Narkoba di Gedung DPRD PEKANBARU, HALUAN — Penemuan alat hisap (bong) dan bungkus sisa sabu di ge­dung DPRD Provinsi Riau membuat Gubernur Riau (Gub­­ri), Arsyadjuliandi Rach­man tak habis pikir, kenapa barang haram yang tengah diperangi nega.
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:01:05 WIB

    Gedung Mewah DPRD Bintan Tak Berpenghuni

    Bintan, Haluan — Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan yang berdiri di Desa Bintan Buyu Ke­camatan Teluk Bintan, terlihat kosong tanpa ada aktifitas..
  • Selasa, 12 April 2016 - 02:51:11 WIB

    Gedung LAM dan Dharma Wanita Enggan Fasilitasi Pedagang CFD

    PEKANBARU, HALUAN—Dua dari tiga opsi lokasi yang direncanakan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menata para pedagang yang berjualan di area Car Free Day tampaknya batal direalisasikan..
  • Sabtu, 26 Desember 2015 - 03:21:00 WIB

    Mahasiswi IPB Asal Pekanbaru Jatuh dari Gedung Lantai II

    PEKANBARU, HALUAN — Mahasisiwi Institut Per­tanian Bogor asal Kota Pekanbaru, Fuza Aghnia Raem Putri, mengalami kritis setelah terjatuh dari lantai II Gedung Graha Widya Wisuda IPB, Sab­tu,(21/11), beberapa waktu lalu. Hi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]