Sukses Melalui Usaha Koperasi


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:42:26 WIB

Awal berdirinya kope­rasi ini beranggotakan 230 orang, terdiri dari warga tempatan dan transmigran asal Pulau Jawa. Jumlah anggota dari dua suku (Ja­wa-Minang) itu seimbang. Makanya, jelas Anshari,  diberi nama Ter­jamin, ke­pen­dekan dari : Terdiri dari Jawa Minang. Simpanan pokok Rp50.000. simpanan wajib Rp50.000. Dige­rak­kan dengan modal awal se­besar Rp400 juta lebih, se­bagai modal unit usaha sim­pan pinjam.

Berkat keserasian pengu­rus dan anggota lalu didu­kung oleh pemerintah se­tem­pat, maka anggota k­o­perasi yang berasal dari dua suku dan budaya berbeda itu  me­nyatu dan bersatu-padu da­lam  wadah KPRI Terja­min. Koperasi terus meng­a­lami kemajuan. Di usia 12 tahun, anggotanya telah men­­capai 302 orang, terdiri dari guru/ kepala sekolah, kar­yawan/ti UPTD Pen­didikan pra se­kolah dan SD Kecamatan Sitiung dan Tim­­peh. Sim­panan pokok tetap Rp50.000. Dalam me­mutar usaha koperasi, pe­ngu­rus dibantu dua orang karyawan.

Nilai asset posisi akhir Desember 2014 mencapai Rp5,7 miliar, melesat tajam dibandingkan dengan saat pemekaran dari KPRI Ba­tang Hari hanya Rp740 juta. Keuangan koperasi ini se­bagian besar didanai dari modal sendiri. Total modal sendiri pada posisi 2014 mencapai Rp3,2 miliar. “Modal luar hanya sekitar Rp1 miliar. Nah, dengan modal sebesar itulah kami melayani kebutuhan ang­gota,” ujar Anshari.

Didampingi Ketua II H. Parjana, Sekretaris II Ra­jiman dan Bendahara Suhai­bah, Anshari menjelaskan, dengan modal sebasar itu,  koperasi telah mampu mem­­­­­berikan pinjaman ke­pada anggota maksimal Rp150 juta, dengan bunga pin­jaman 12 persen per bulan. Dengan pinjaman maksimal sebesar itu, maka anggota yang membutuhkan dana tak akan berpaling lagi dari koperasi.

Apa pasal? Selain bunga pinjaman rendah, prosesnya tidak berbelit-belit dan per­syaratan tidak rumit, dan di akhir tahun dapat pula pem­bagian SHU, serta ber­bagai hadiah dan fasilitas lainnya, seperti beasiswa bagi anak-anak anggota ber­prestasi,  bingkisan RAT, uang suka-duka dan lainnya.

Semakin meningkatnya anggota yang meminjam di koperasi, tentu saja anggota yang memanfaatkan jasa perbankan makin ber­ku­rang. Malah sebagian ang­gota menutup kreditnya di bank setelah mendapat pin­jaman dari koperasi. “Ang­gota yang masih tersangkut kredit di perbankan paling banyak hanya sekitar 30 persen, makin lama makin berkurang,” jelas Rajiman.

Selama tahun 2014, volu­me koperasi ini mencapai Rp4,9 miliar lebih, me­ningkat dari tahun 2013 hanya Rp4,7 miliar lebih. Dengan volume usaha sebe­sar itu, diperoleh pen­da­patan Rp834 jutalebih. Bia­ya yang timbul  dalam pe­riode yang sama sebesar Rp636,7 juta. Maka selama tahun 2014 koperasi ini mem­bukukan sisa hasil usa­ha (SHU) sebesar Rp150,1 juta lebih, jauh lebih besar dari yang direncanakan se­besar Rp124.800.000. Dan SHU tahun buku 2013 ha­nya Rp108 juta.

Meski kegiatan koperasi makin membaik, namun  pengurus dan anggota tetap aktif mengikuti pelatihan tentang koperasi, baik yang diselenggarakan oleh Dinas Koperindag Dharmasraya, Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, termasuk yang dise­lenggarakan sendiri oleh KPRI Terjamin.  Menurut Anshari, prog­ram ke depan, pengurus akan memekarkan koperasi ini, yaitu dibagi dua, dengan membuka kan­tor di Timpeh. Itu berarti, ada dua kantor KPRI Ter­jamin, pertama di Sitiung dan kedua di Tim­peh.

Alasan pemekaran, lan­taran pengurus dan anggota KPRI Terjamin juga banyak berdomisili di Timpeh. Be­gitu pula sekolah, di Timpeh ada 11 sekkolah dan di Si­tiung 20 sekolah. Kantor di Timpeh sudah dibangun menghabiskan biaya Rp150 juta, hamper sama dengan kantor asal yang berukuran 5x15 meter. “Kalau sudah dibuka kantor KPRI Terja­min di Timpeh, tentu akan memudahkan anggota yang berdomisili di sana. Selama ini mereka berurusan ke Sitiung menempuh jarak sekitar 30 km,”jelas Anshari. (h/rusdi bais)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]