Baliho Desra-Bachtul Diduga Dibongkar OTK


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:47:12 WIB

“Sebagai partai pe­ngu­sung, tentu saja kita kaget. Kenapa baliho itu bisa hi­lang begitu saja. Tak ada hujan, tak ada angin. Kita tak mau berprasangka buruk, tapu ya mungkin saja sengaja dibongkar dan dicuri orang tak dikenal,” kata Edyart kepada Haluan, Rabu (29/7) kemarin.

pihaknya tidak menuduh siapa yang telah berbuat usil, tetapi juga tidak bisa me­mahami bila baliho yang berukuran besar itu lenyap karena angin. Ia bahkan menjadi heran karena sehari sebelumnya, baliho yang berdiri kokoh di pinggir lapangan Kotobaru, per­sisnya di depan Kantor KP­KN Kabupaten Solok itu, ma­sih terpasang dengan baik.

Menyikapi kejadian ter­sebut, Edyart berencana akan melaporkannya ke pihak Panwaslu. Di sisi lain, dia juga berharap agar semua pihak ikut menjaga suasana pesta demokrasi dengan mencip­takan Pilkada ba­dunsanak, tertib dan jauh dari sikap-sikap yang me­man­tik perpe­cahan. “Kita akan pasang kembali baliho yang hilang itu,” pungkas Edyart.

Sementara calon Bupati Solok, Desra Ediwan Anan­tanur membenarkan jika dirinya telah menerima la­poran dari timnya tentang raib­nya baliho dirinya ber­sama Bachtul itu. Kendati demikian, pihaknya akan menanyakan persoalan ini kepada pihak terkait di Pem­kab. Solok. “Kita tetap berprasangka positif dulu,” katanya.

Terpisah, Ketua  Pan­waslu Kab. Solok Ver­reiswin Mar­wan Bustami menye­butkan, peristiwa ini belum masuk dalam kewenangan Panwaslu untuk melakukan penertiban. Karena pe­ner­tiban dan pengawasan terha­dap proses dan pelaksanaan termasuk atribut sosialisasi kandidat, dapat dilakukan setelah penetapan kandidat sebagai calon kepala daerah oleh KPU.

“Karena baliho yang ter­pa­sang masih dalam kate­gori iklan, tentu masih da­lam kewenangan Pemda. Ke­cuali nanti setelah dite­tap­kan seba­gai calon, baru itu menjadi tugas dari pan­waslu,” kata Verri ketika dikonfirmasi lewat telephon selulernya.

Verri menambahkan, sesuai aturan pelaksanaan kampanye, pemasangan atri­but hanya boleh dilakukan oleh pihak KPU, dengan biaya dari Pemda dan dipa­sang di titik-titik yang telah ditentukan. Setelah dite­tapkan sebagai calon, pihak KPU dan Panwaslu juga akan memanggil tim kam­panye masing-masing kan­didat untuk diberikan sosia­lisasi tentang mekanisme dan aturan kampanye. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Juli 2019 - 16:12:31 WIB

    Baliho di Kota Pariaman Mulai Ganggu Pemandangan

    Baliho di Kota Pariaman Mulai Ganggu Pemandangan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Reklame yang terpasang pada sejumlah baliho dekat gerbang Kota Pariaman, di Nareh dan dekat bengkolan ke Stasiun Kereta Api Nareh , Kecamatan Pariaman Utara tampak tak terurus dan mengganggu keind.
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 11:16:01 WIB

    Pohon dan Baliho Bertumbangan di Simpang Empat Pasbar

    PASBAR, HALUAN--Hujan badai melanda Pasbar pada Kamis siang (25/8), akibatnya pohon dan baliho berjatuhan. Dari Pantauan Haluan, Baliho jalan lintas Ujung Gading Simpang, Pasaman Barat, Sumatera Barat Empat tepatnya di depan .
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 03:16:23 WIB

    Pemko Pariaman Tertibkan Baliho

    PARIAMAN, HALUAN — Untuk meng­hidari kecelakaan dan menjaga K3 di Kota Pariaman, baliho di median jalan dalam kota tersebut segera ditertibkan sehingga media jalan bebas baliho, kecuali penghijauan berupa bunga-bungaan unt.
  • Rabu, 09 September 2015 - 18:35:13 WIB

    Masyarakat Keluhkan Baliho Calon

    DHARMASRAYA, HALUAN — Masa kampanye Pe­mi­lihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Dharmasraya periode 2016-2021, sudah dimulai sejak 27 Agustus lalu. Namun hingga kini baliho calon yang bukan dikeluark.

  • Senin, 24 Agustus 2015 - 18:38:14 WIB

    Paslon Ditetapkan, Baliho Masih Bertebaran

    PASAMAN, HALUAN — Dua­ pasangan calon (Pas­lon) Bupati dan Wakil Bu­pati Pasaman telah ditetap­kan melalui rapat pleno tertutup Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Senin (24/8).

    Ke.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]