Panwaslu Bukittinggi Temukan Dugaan Pelanggaran


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:47:43 WIB

Divisi Pengawasan Pan­waslu Kota Bukittinggi, Ruzi Hariyadi mengatakan, dari pemantauan pihaknya di lapa­ngan, juga ditemukan se­jumlah pelanggaran. Un­tuk mem­buktikan seluruh te­muan dan pengaduan ter­sebut, pihaknya melakukan pengecekan ulang.

“Petugas Panwaslu di lapangan ada menerima be­berapa laporan pelanggaran dari masyarakat yang dila­kukan bakal calon walikota dan wakil walikota Bu­kit­tinggi,” ujarnya.

Menurut Ruzi Hariyadi, saat ini tim Panwaslu sedang melakukan pengkajian dan klarifikasi. Setelah itu, me­nurutnya akan dibuatkan laporannya secara jelas, sehingga dapat disampaikan kembali kepada publik, apa­kah memang ada terbukti pe­lang­garan yang dila­porkan masyarakat tersebut.

“Sesuai Undang-undang nomor 1 tahun 2015, Un­dang-undang nomor 8 tahun 2015, dan Peraturan KPU terkait pemilihan umum kepala da­erah disebutkan, penggunaan fasilitas negara oleh petahana maupun mo­bilisasi oleh Apa­ratur Sipil Negara (ASN) jelas tidak diperbolehkan. Begitu juga bagi TNI dan Polri, tidak di­per­bolehkan untuk men­dukung pasangan calon,” tu­kas­nya.

Ruzi Hariyadi me­nam­bahkan, untuk mem­buk­tikan adanya indikasi dan dugaan pelanggaran itu, dibutuhkan waktu sekitar lima hari sejak ditutupnya penerimaan pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah. Setelah itu, tim akan memberikan keputusan me­lalui rapat pleno Panwaslu. Apabila terbukti katanya, maka sanksi akan diberikan sesuai aturan dan ketetapan yang berlaku. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 11:52:43 WIB

    DKPP Sidangkan KPU dan Panwaslu Sijunjung

    PADANG, HALUAN — Proses sidang Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sijunjung oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berlangsung panas. Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh majelis.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:15:37 WIB

    Laporan Cabup Pasbar Ditolak Panwaslu

    PADANG, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pasaman Barat menolak laporan dugaan pelanggaran dana kampanye yang diajukan oleh calon Bupati Zulkenedi Said pada 2 Januari lalu..
  • Selasa, 22 Desember 2015 - 02:39:57 WIB

    Panwaslu Kota Solok Laporkan Kakan Kemenag ke Komisi ASN

    SOLOK,HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solok telah melaporkan hasil kajian tentang keterlibatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Solok M Nasir dalam kampanye dialogis Irzal Ilyas-Alfauzi .
  • Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:20:48 WIB

    Panwaslu Rekomendasikan 85 KPPS Tak Dipilih Lagi

    PASAMAN, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman mengeluarkan rekomendasi terhadap lima laporan yang diterima pihaknya. Salah satu rekomendasi menyebutkan, untuk tidak merekrut nama ketua dan anggota K.
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 02:58:12 WIB

    Panwaslu Pasaman Terima Lima Laporan Terkait Pemilih

    PASAMAN, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman menerima lima pengaduan masyarakat terkait daftar pemilih tetap tambahan ke-2 (DPT-TB2) di beberapa TPS yang berada di Kecamatan Rao Selatan, Padang Gel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]