Padang Rekor Ungkap Kasus Peredaran Narkoba


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:51:16 WIB

“Trend kasus naik sebesar 109 kasus atau 39 persen, serta trend tersangka naik sebesar 163 orang atau 43 persen pada semester satu tahun 2015,” terang Kabag Bin Ops Dit Resnarkoba Polda Sumbar AKBP M. Yasli pada Haluan, Rabu (29/7).

Dijelaskannya, untuk aspek barang bukti pada semester satu tahun 2015 juga meningkat dibanding pada semester satu tahun 2014. Untuk ganja pada tahun ini, terdapat seberat 68,79 kg, enam batang pohon ganja, 90 butir pil merk Alprazolam psikotropika golongan IV, sabu seberat 1.496,29 gram dan ekstasi sebanyak 34 butir.

“Dibanding tahun lalu, untuk psikotropika golongan IV dan ekstasi nihil. Namun pada tahun ini ada pengungkapan kasusnya,” ujarnya.

Kemudian, lanjut M. Yasli, untuk jenis kelamin masih didominasi laki-laki sebanyak 346 orang dan perempuan sebanyak 29 orang. Demikian juga dengan umur mulai dari 15-19 tahun sebanyak 25 orang, umur 20-29 tahun sebanyak 141 orang dan umur 30 ke atas sebanyak 211 orang. “Angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Baik itu dari segi umur maupun pekerjaan. Untuk tahun ini, masih didominasi oleh swasta sebanyak 168 orang dibanding tahun lalu sebanyak 73 orang,” tutur Yasli.

Dilanjutkannya, tidak hanya dari profesi swasta saja di Sumbar yang terlibat kasus narkoba tersebut, akan tetapi juga tercatat dari wiraswasta sebanyak 86 orang, mahasiswa sebanyak enam orang, pelajar sebanyak empat orang, buruh sebanyak 31 orang, tani sebanyak 26 orang dan pengangguran sebanyak 44 orang, serta Polri sebanyak sembilan orang dan PNS satu orang.

Dit Resnarkoba Polda Sumbar terus mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk waspada terhadap narkoba dan saling mengingatkan satu sama lain tentang bahaya narkoba, karena terlihat dari tingginya angka kasus narkoba yang terungkap sertia tahunnya. “Kami berharap kepada masyarakat yang mengetahui adanya peredaran dan penyalahgunaan narkoba agar segera melaporkan kepada aparat berwenang,” harapnya. (h/mg-win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]