Pemilik Bangunan Layangkan Sajam ke Petugas


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:56:26 WIB

Pantauan Haluan me­n­ga­­takan, sebelum me­la­ku­kan pembongkaran tim ga­bungan di lepas oleh Sek­re­taris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad yang bergerak dari halaman Kantor Balai­kota Padang pada pukul 10.00 WIB.

Setiba di Simpang Kam­pus Bung Hatta, Aia Pacah, tim mulai melakukan aksi penertiban. Namun, tim mendapat perlawanan dari pemilik Rumah Makan Ke­luarga. Adu mulut pun ter­jadi antara pemilik seorang perempuan bernama Ijah dengan petugas. Tidak hanya satu orang saja yang me­la­kukan perlawan, keluarga juga ikut naik pitam dan melempari petugas Satpol PP dengan kayu untuk me­ma­sak dan melempari foto­grafer salah satu media de­ngan kerikil, karena me­ngam­bil foto ketika beraksi.

Tidak hanya itu saja, pada pembongkaran ba­ngu­nan pertama itu masyarakat juga menuntut dan menagih janji pembebasan di tahun 1990 silam dengan walikota yang berbeda. Perbedaan pen­dapat antara tim dengan masyarat, menjadi penyebab utama adu mulut hingga berlangsung selama 30 menit.

Melihat aksi masyarakat yang terus adu mulut dengan tim termasuk Camat Koto Tangah, Yalmasril dan tim Satpol PP bersama SK4 langsung bertindak me­min­dah­kan etalase tempat ma­kanan ke dalam bangunan. Melihat etalase dagangannya dipindahkan, pemilik pun semakin histeris hingga ti­dur di tanah dan dipegangi anggota Satpol PP pe­rem­puan dan pembongkaran tetap berlangsung.

Setelah bangunan per­tama dibongkar pemilik pun berhenti melakukan aksi pemberontakan dan pem­bongkaran berlanjut ke ba­ngu­nan berikutnya. Tetapi, di bangunan berikutnya pe­milik bangunan mem­bong­kar sendiri bangunannya dan Satpol PP tetap mem­bantu membongkarnya.

Di dekat toko dan be­ngkel tersebut ada tiga ba­tang pohon yang sudah besar juga ikut ditebang tim dan eskavator yang telah standby membersihkan sisa pe­ne­bangan pohon ter­se­but. Ke­mu­dian tim gabungan terus melakukan pembongkaran ke bangunan berikutnya.

Asisten I Sekretariat Ko­ta Padang, Vidal Triza se­la­ku koordinator tim pe­m­bebasan lahan jalur II Bypass mengatakan, pembongkaran bangunan dilaksanakan se­telah sebelumnya di­turun­kan surat edaran bagi masya­rakat pemilik warga pemilik bangunan.

Bangunan yang di­bo­ngkar, selain tak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) juga berdiri di atas lahan konsolidasi selebar 40 meter yang mestinya sudah dikosongkan, karena pe­nger­jaan pembangunan jalur dua Bypass sudah berjalan. Terlebih, penyelesaian pem­bebasan lahan sudah di­ten­ggat pihak investor agar tuntas  hingga akhir Juli 2015 ini.

Menurut Vidal, dasar pem­bongkaran bangunan tersebut sesuai dengan Perda Nomor 6 tahun 1990 tentang tata bangunan, Perda Nomor 11 tahun 2005 tentang ke­ter­ti­ban umum dan ke­tenteraman ma­syarakat, serta Perwako nomor 17 tahun 2015.

Sementara salah satu pemilik bangunan, Siben dengan nada menghiba dan berurai air mata men­jelas­kan kepada petugas untuk menuntut hak ganti rugi. “Kami bukan teroris pak. Kami hanya menuntut hak kami sebelum bangunan ini dibongkar. Kami men­du­kung pembangunan jalan di Bypass, tetapi tolong jangan paksa seperti ini,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Mardi ditemui Ha­luan di escape bulding Kom­pleks Kantor Gubernur Su­m­bar menuturkan, kendala selama ini proyek jalur dua Bypass yaitu masih belum bebasnya sekitar 74 persil lahan. Berbagai cara pun telah dilakukan agar lahan ini bisa segera dikerjakan.

“Tahap konsolidasi me­mang telah lama ditempuh, namun belum menunjukkan hasil yang postif. Sedangkan proyek ini masih harus terus berjalan dan kita mendapat tenggat waktu hingga akhir Juli kalau tidak akan kena penalti,” paparnya, Rabu (29/7).

Pemprov Sumbar men­dukung Pemko Padang un­tuk menuntaskan pem­be­basan lahan jalur dua Bypass. Terutama dengan pem­ben­tu­kan tim satuan petugas (Satgas). “Sekarang se­be­narnya sudah banyak ke­majuan dari Pemko Padang. Kita berharap akhir Juli semua lahan sudah dapat dikerjakan, kemudian lahan dibebaskan sambil jalan,” jelas Mardi. (h/ows/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]