12 Daerah Perpanjang Pendaftaran Calon Kada


Rabu, 29 Juli 2015 - 19:59:22 WIB
12 Daerah Perpanjang Pendaftaran Calon Kada

“Hanya Kabupaten Bo­laang Mongondow Timur yang tidak memberikan ca­lon sama sekali,” kata Ko­mi­sioner KPU Ferry Kur­nia dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (29/7) dini hari.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Menurut Ketua KPU Husni Kamil Manik, sesuai Surat Edaran (SE) KPU Nomor 403 Tahun 2015, daerah-daerah yang me­miliki ku­rang dari dua pa­sang­an calon, pen­daf­taran­nya bisa diperpanjang.

SE yang diterbikan oleh KPU Pusat pada Sabtu (25/7) tersebut men­jelaskan mengenai per­pan­jangan ma­sa pendaftaran de­ng­an is­ti­lah “3-3-3”, yaitu apabila dalam masa tiga hari pen­daftaran (26-28 Juli) tidak ada atau kurang dari dua pasangan calon yang men­daftar, maka akan dilakukan jeda pen­daf­taran selama tiga hari (29-31 Juli).

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Setelah selesai masa jeda untuk sosialisasi, KPU Pro­vinsi dan Kabupaten/Kota akan membuka kembali pendaftaran selama tiga hari (1-3 Agustus).

Adapun sampai Rabu (29/7) pukul 00.00 WIB, KPU sudah me­nerima 705 pasangan calon pimpinan daerah, di mana 576 pa­sangan calon kepala daerah me­ru­pakan usungan partai politik dan 129 orang meru­pakan calon perseorangan.

Sementara menurut Ke­tua KPU Husni Kamil Ma­nik, rara-rata ma­sing-masing daerah men­calonkan dua sampai tiga pasangan calon. “Yang paling banyak ad­a­lah Kota Pematang Sian­tar, Sumatera Utara, yang me­miliki 10 pasangan calon pimpinan daerah yaitu en­am pasangan dari partai politik dan empat pasangan dari perseorangan,” kata Husni. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]