Kabut Asap Selimuti Sumbar


Rabu, 29 Juli 2015 - 20:02:32 WIB

Kepala Bidang (Kabid) Pengamanan dan Per­li­du­ngan Hutan, Dinas Ke­hu­tanan Sumbar, Faridil Afrasi dihubungi Haluan Rabu (29/7) menuturkan, kabut asap yang mulai me­nye­limuti berbagai daerah di Sumbar diakibatkan oleh pem­bakaran lahan di pro­vinsi tetangga yaitu Riau dan Sumatera Selatan.

”Pembakaran lahan di beberapa daerah itu terbawa angin. Arah angin dari teng­gara dan selatan. Makanya mengarah ke Sumbar, ya kita yang kena dampak asapnya,” ujarnya

Dinas Kehutanan me­ngim­bau kepada masyarakat untuk tidak panik bila ter­dapat titik api di Sumbar. “Berdasarkan pantauan sate­lit NOAA, dari Januari hingga kini terpantau 118 titik panas terlihat di Sum­bar,” terangnya.

Ditambahkannya, me­mang untuk di bulan Juli titik panas yang terpantau me­mang me­ningkat dibanding bulan sebelumnya. Hal ini dikarenakan dari prediksi Badan Meteorologi Kli­ma­to­logi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memang telah me­masuki musim kering dari awal Juni lalu.

”Musim kering ini di­prediksi masih akan ber­langsung hingga Oktober dan bahkan diprediksi BMKG bisa sampai No­vember,”  tandasnya.

Dijelaskan Faridil, de­ngan kondisi ini kebarakan lahan sangat rentan terjadi.  Ia mengimbau kepada ma­syarakat untuk saling men­jaga agar tidak melakukan pem­bakaran lahan dan hutan. ”Kita memohon pada masyarakat untuk sama-sama tidak melakukan pem­bakaran lahan apakah itu untuk pembukaan  lahan per­tanian. Sebab dam­pak­nya ke semua,” im­buhnya.  Faridil juga meminta kepada pe­merintah daerah dan dinas terkait di kabu­paten/kota untuk tetap siaga dan akstif memantau kalau ada potensi kebakaran lahan.

”Kalau itu bisa segera dipadamkan segera pa­daman, namun kalau ti­dak segera laporkan ke Dinas Kehutanan agar segera dila­kukan tin­dakan,” ajaknya. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:08:05 WIB

    PKS Peduli Bencana Kabut Asap

    LUNCURKAN #GENTAPKS

    PADANG, HALUAN — Bencana kabut asap yang melanda Sumbar, tak urung mengundang simpati dan kepedulian berbagai elemen masyarakat, termasuk partai politik. Sala.

  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:46:25 WIB

    Omset Turun Akibat Kabut Asap

    PEDAGANG MENGELUH

    PADANG, HALUAN — Akibat kabut asap yang semakin menyesakkan, beberapa pedagang di Pasar Raya mengeluhkan omsetnya turun karena daya beli lesu. Seperti yang disa.

  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:17:21 WIB

    Warga Harap Listrik Tak Padam Selama Kabut Asap

    PADANG, HALUAN — Sejumlah warga Kota Padang meng­ha­rapkan agar PLN mengupayakan agar listrik di wilayah tersebut terus me­nyala dan tidak terjadi pemadaman bergilir selama keadaan berkabut asap.

    “Tidak habi.

  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:15:46 WIB

    Kabut Asap Juga Pengaruhi Tingkat Hunian Hotel

    PADANG, HALUAN — Tingkat hunian kamar hotel di Kota Padang juga terpengaruh buruknya kondisi udara di kota ini akibat kabut asap. Sebagian pengelola hotel mengaku tingkat hunian kamar mereka turun, meski.

  • Ahad, 18 Oktober 2015 - 19:44:26 WIB

    Kabut Asap Tak Pengaruhi Ekspor Sumbar

    PADANG, HALUAN — Ka­but asap yang masih saja menyelimuti Provinsi Sum­bar semenjak dua bulan bela­kangan ternyata tidak berpengaruh kepada ekspor Sumbar. Hingga saat ini ke­giatan ekspor Sumbar ma­s.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]