Kabut Asap Selimuti Sumbar


Rabu, 29 Juli 2015 - 20:02:32 WIB
Kabut Asap Selimuti Sumbar

Kepala Bidang (Kabid) Pengamanan dan Per­li­du­ngan Hutan, Dinas Ke­hu­tanan Sumbar, Faridil Afrasi dihubungi Haluan Rabu (29/7) menuturkan, kabut asap yang mulai me­nye­limuti berbagai daerah di Sumbar diakibatkan oleh pem­bakaran lahan di pro­vinsi tetangga yaitu Riau dan Sumatera Selatan.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

”Pembakaran lahan di beberapa daerah itu terbawa angin. Arah angin dari teng­gara dan selatan. Makanya mengarah ke Sumbar, ya kita yang kena dampak asapnya,” ujarnya

Dinas Kehutanan me­ngim­bau kepada masyarakat untuk tidak panik bila ter­dapat titik api di Sumbar. “Berdasarkan pantauan sate­lit NOAA, dari Januari hingga kini terpantau 118 titik panas terlihat di Sum­bar,” terangnya.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

Ditambahkannya, me­mang untuk di bulan Juli titik panas yang terpantau me­mang me­ningkat dibanding bulan sebelumnya. Hal ini dikarenakan dari prediksi Badan Meteorologi Kli­ma­to­logi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memang telah me­masuki musim kering dari awal Juni lalu.

”Musim kering ini di­prediksi masih akan ber­langsung hingga Oktober dan bahkan diprediksi BMKG bisa sampai No­vember,”  tandasnya.

Dijelaskan Faridil, de­ngan kondisi ini kebarakan lahan sangat rentan terjadi.  Ia mengimbau kepada ma­syarakat untuk saling men­jaga agar tidak melakukan pem­bakaran lahan dan hutan. ”Kita memohon pada masyarakat untuk sama-sama tidak melakukan pem­bakaran lahan apakah itu untuk pembukaan  lahan per­tanian. Sebab dam­pak­nya ke semua,” im­buhnya.  Faridil juga meminta kepada pe­merintah daerah dan dinas terkait di kabu­paten/kota untuk tetap siaga dan akstif memantau kalau ada potensi kebakaran lahan.

”Kalau itu bisa segera dipadamkan segera pa­daman, namun kalau ti­dak segera laporkan ke Dinas Kehutanan agar segera dila­kukan tin­dakan,” ajaknya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]