400 Dosen tak Ikut Memilih


Rabu, 29 Juli 2015 - 20:04:49 WIB

Pemilihan yang berlang­sung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis tersebut berjalan aman dan kondusif. Para dosen pemilik Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) yang memiliki hak suara dalam pemilihan mulai ber­datangan sejak pukul 09.00 WIB, sesuai jadwal yang ditentukan panitia pemilihan.

“Dua dosen dengan perolehan suara terendah tersisih di tingkat penjaringan ini. Sementara lima besar maju ke tahap penyaringan di tingkat senat yang akan dilaku­kan pada Rabu 5 Agustus nanti, sesuai dengan aturan yang telah ditetap­kan,” kata Firman kepada Haluan.

Lima carek yang melaju ke tahapan penyaringan tingkat se­nat, berturut-turut berdasarkan jumlah suara yang diraih dalam penjaringan antara lain incum­bent Prof. Dr. Werry Darta Taifur dengan perolehan 331 suara, Dr. dr. Masrul dengan 201 suara, Dr. Uyung Gatot S. Dinata dengan 169 suara, Prof. Dr. Tafdil Husni dengan 164 suara dan Prof. Dr. Marlina dengan 48 suara.

Sedangkan 2 carek lain de­ngan perolehan suara terendah harus berhenti dalam pertarungan menuju Unand 1, yaitu Dr. Jafri­nur dengan 35 suara dan Prof. Dr. Fashbir Noer Sidin dengan 9 suara.

Firman Hasan melanjutkan, Dari 1.362 dosen Unand ber-NIDN yang memiliki hak suara dalam pemilihan rektor kali ini, 400 dosen dinyatakan tidak meng­­gunakan hak suaranya. Tercatat, jumlah pemilih yamg masuk sebanyak 962 dengan 5 suara di antaranya abstain (tidak menentukan pilihan).

“Memilih atau tidak menjadi hak dosen yang bersangkutan. Yang jelas panitia pemilihan telah berusaha sebaik mungkin sejak tahap sosialisasi hingga penye­diaan tempat dan alat terkait teknis pemilihan umum,” imbuh Firman.

Di sisi lain, Ketua Senat Unand Ardinis Arbain menga­takan, setelah tahapan penjari­ngan dilalui, proses pemilihan berlanjut pada tahap penyaringan di tingkat senat, dimana terdapat 67 anggota senat yang memiliki hak untuk menentukan 3 nama carek yang akan diajukan kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Men­ristek­dikti).

“Setelah ini, pada 5 Agustus nanti kita langsungkan penya­ringan di tingkat senat. Hasilnya akan ada 3 nama yang akan kita ajukan ke menteri. Menteri punya 35% hak suara dalam menen­tukan rektor terpilih nantinya,” tukas Ardinis. (h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]