Mendagri Simpan Rapat Nama PJ Gubernur Sumbar


Rabu, 29 Juli 2015 - 20:20:29 WIB
Mendagri Simpan Rapat Nama PJ Gubernur Sumbar

“Nama sudah kami usul­kan kepada Bapak Presiden melalui Mensesneg, tetapi belum turun,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjawab pertanyaan Haluan melalui SMS, Rabu (28/7).

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Ketika ditanya nama calon yang diusulkan, Men­dagri tidak mau mengung­kapkannya dan dia hanya menyebutkan pejabat eselon I Kemendari. “Calonnya salah satu dari pejabat eselon I Kementerian Dalam Ne­geri,” kata politisi dari PDIP tersebut.

Secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan (Kapus­pen) Kementerian Dalam Negeri, Dodi Riyadmadji ketika dihubungi Haluan juga tidak mau mengung­kapkan calon Penjabat Gu­bernur Sumbar yang di­usulkan kepada Presiden.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

“Semua gubernur yang akan habis masa jabatannya sudah diusulkan penjabat gubernurnya kepada pre­siden, termasuk untuk Sum­bar. Tapi kami tidak bisa membocorkan namanya. Tunggu sajalah pelan­tikan­nya,” kata Dodi.

Ketika ditanya kapan pelantikannya, Dodi men­jelaskan akan dilakukan pada saat berakhirnya masa jabatan gubernur. “Pelan­tikan Penjabat Gubernur Sumbar bisa dilakukan di Istana oleh Presiden Jokowi, tapi kalau diserahkan kepada Mendagri maka pelanti­kan­nya dilakukan di Kemendagri,” jelas Dodi.

Sementara itu, Dirjen Ke­uangan Daerah Kemendagri Rey­donnyzar Moenek yang namanya beredar di Sumbar yang akan menjadi Penjabat Gubernur Sum­bar, tidak mengetahui apakah dirinya yang dicalonkan. “Ambo indak tahu,” kata putra Minang yang lahir dan besar di luar Sumbar itu.

Namun jika dirinya yang di­tun­juk oleh menjalan tugas seba­gai Penjabat Gubernur Sumbar, dia siap untuk melaksanakan. “Awak siap sajo dimana ditugas­kan,” kata Reydonnyzar Moenek yang lebih sering menggunakan bahasa Minang jika berbicara dengan Haluan. (h/sam)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]