354.683 Pemilih Tercatat di Kabupaten Solok


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:09:38 WIB

Dijelaskan, DP4 tersebut untuk selanjutnya akan diproses menjadi data pemilih (Model A-KWK), yaitu membagi pemilih ke dalam TPS oleh KPU kabu­paten untuk selanjutnya dila­ku­kan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh petugas pe­mutak­hi­ran data pemilih (PPDP) di masing-masing TPS di wilayah nagari yang ada di kabupaten Solok.

“Sejak 15 Juli lalu sebanyak 1.018 pemilih dari 881 TPS sudah turun untuk melakukan validasi data pemilih. Mereka akan bertugas hingga 19 Agustus mendatang,” jelas Elwiza.

Melalui proses Coklit ini, kata Elwiza, petugas PPDP akan memastikan kebenaran data pemilih. Misalnya ada yang meninggal, masuk TNI/Polri, atau pindah domisili sehingga data pemilih tersebut akan di­coret atau bertambah karena misalnya ada pemilih yang be­lum terdaftar di Model A-KWK.

“Dari informasi sementara, memang masih banyak yang belum valid, bahkan ada yang berkurang, contohnya terkait pemilih yang meninggal yang belum dilaporkan oleh keluarga­nya, sementara nama­nya masih tertera di daftar pe­milih,” katanya.

Data hasil Coklit yang di­la­ku­kan oleh petugas PPDP, kata Elwiza, kemudian diolah oleh PPS dibantu PPDP untuk se­lanjut­nya direkap secara ber­jen­jang di mulai dari jorong, nagari, kecamatan dan selanjutnya ke KPU kabupaten menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau Model A1-KWK yang se­lanjut­nya akan diumumkan ke publik untuk memperoleh tanggapan kepada masyarakat.

“Setelah dilakukan Coklit oleh PPDP, data A-KWK tadi kemudian dioleh lagi menjadi DPS (Model A1-KWK) untuk selanjutnya diumumkan kepada publik untuk memperoleh tang­gapan,” tambah Elwiza.

Sementara itu Jons Manedi menambahkan, untuk DPS akan ditetapkan tanggal 1 September mendatang, sementara untuk untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT) akan dilakukan pada tanggal 1-2 Oktober men­datang.  (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]