Pilgub Lebih Hemat dengan Dua Calon


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:18:47 WIB
Pilgub Lebih Hemat dengan Dua Calon

“Anggaran ini masih di­ba­has oleh Pemprov, dan ten­tu Pemrov akan me­ngu­rangi anggaran kampanye ini. Jika nanti Pemprov ha­nya menyetujui sekitar Rp9 miliar, maka yang akan ter­pakai untuk kampanye cuma separuhnya. Namun de­mi­kian, kelebihan dari ang­garan untuk kampanye akan direvisi dan digunakan un­tuk membiayai kegiatan lain,” ucap Fikon, kemarin, Kamis (30/7).

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Sementara itu, Plt Se­kretaris KPU Sumbar, Arlis mengatakan, belum bisa menyampaikan berapa ang­garan pasti yang disediakan untuk kampanye. Karena KPU baru akan membahas bersama Pemprov Sumbar, hari ini (31/7).

Kordiv Teknis KPU Sum­­­­bar, Mufti Syarfie me­nam­bahkan, meskipun di­katakan hemat tapi KPU saat mengajukan anggaran kam­panye, masih me­ning­galkan beberapa item. Se­per­ti anggaran untuk mem­beli kayu dan upah pe­ma­sangan baliho di titik-titik yang ditentukan.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

Menurutnya, untuk ba­liho masing-masing calon akan dipasang di lima titik di masing-masing kabu­paten kota. Jumlah tersebut dikali dua pasang calon. Sedangkan spanduk dipa­sang dua per kecamatan se-Sumbar untuk masing-ma­sing paslon. Stiker dipasang tiap rumah penduduk. Begi­tu pun dengan beberapa alat peraga kampanye lainnya.

Terkait spanduk pa­sa­ngan calon yang banyak tersebar di tempat-tempat umum menurutnya, saat ini KPU belum ada kewe­na­ngan untuk melarang pema­sangan spanduk atau baliho tersebut meskipun belum masuk waktu kampanye.

“Namun secara etika, seharusnya pada saat calon sudah berkomitmen untuk maju pada Pilkada maka mereka sudah menurunkan alat peraga tersebut,” pung­kasnya. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]