Tanah Longsor Terjang Nepal


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:22:02 WIB

Pejabat pemerintah setempat, Krishna Bahadur Raut menuturkan, belasan orang lainnya masih hilang atau belum diketahui keberadaannya usai tanah longsor menerjang. Tanah longsor ini dilaporkan terjadi ketika sebagian besar warga masih tidur di rumah masing-masing.

Dua gempa bumi kuat yang melanda Nepal tahun ini menewaskan nyaris 9 ribu orang. Kedua gempa ini diyakini telah membuat lereng-lerang di kawasan pegunungan negara tersebut tidak stabil dan mening­katkan risiko terjadinya longsor pada musim penghujan, antara bulan Juni hingga September.

Dalam bencana longsor kali ini, kepolisian setempat bersama dengan tentara Nepal berjibaku di tengah hujan deras untuk mencari korban. Mereka mengandalkan sekop dan tangan mereka untuk menggali gundukan tanah yang menimbun rumah-rumah warga.

Otoritas setempat telah meminta pengerahan mesin penggali dan peralatan berat lainnya untuk membantu upaya pencarian korban. Namun tampaknya, keda­tangan peralatan berat dan mesin penggali ini ikut terhambat longsor. Meskipun memiliki waktu bertahun-tahun untuk bersiap menghadapi gempa, pemerintah Nepal cen­derung lamban dalam memetakan area rawan long­sor. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]