Tiga Pejabat Kemendag Dicekal Penyidik Polda Metro Jaya


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:22:46 WIB

Partogi Pangaribuan se­belumnya menjabat sebagai Dirjen Daglu Kemendag. Men­teri Perdagangan Rah­mat Gobel telah m­e­no­nak­tifkan Partogi pas­capeng­geledahan yang dilakukan Satgas Khusus Polda Metro Jaya di Kemendag pada Se­lasa 27 Juli 2015.

Thamrin Latuconsina men­­jabat sebagai Direktur Impor Ditjen Daglu Ke­me­n­dag. Sementara Imam Aryan­ta menjabat sebagai Kasubdit Barang Modal Bu­kan Impor Ditjen Daglu Kemendag.

Imam telah ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini masih berada di Kanada, Amerika Serikat. Sementara Partogi dan Thamrin masih berstatus sebagai saksi.

Sementara, hasil pe­me­riksaan pada hari ini belum bisa diungkapkan ke publik. “Sampai saat ini hasilnya masih dianalisa,” tegasnya.

Partogi sendiri datang ke Pol­da Metro Jaya sejak pu­kul 09.00 WIB dan keluar tidak diketahui awak media.

Kata Iqbal, Polda Metro juga belum menetapkan Partogi sebagai tersangka. “Statusnya masih sebagai saksi, tapi apapun bisa ter­jadi,” ucapnya.

Sebelumnya, Polda Me­tro Jaya sudah me­ne­tapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan suap proses dwelling time peti kemas di Pela­buhan Tanjung Priok di Di­rektorat Jenderal Per­da­gangan Luar Negeri Ke­menterian Perdagangan.

Kapolda Metro Jaya Ir­jen Pol Tito Karnavian me­nga­takan, saat ini sudah ada tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. “Sudah ada yang ditetapkan sebagai ter­sang­ka, dua orang dari internal dan satu orang dari luar,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/7/2015)

Dia menegaskan, dua ter­sangka dari internal Dir­jen Daglu Kemendag yakni se­orang Kasubdit dan staf, se­men­tara pihak luar yakni se­orang broker. “Kami ma­sih pe­rik­sa mereka untuk men­da­lami terus perannya,” katanya.

Kapolda menegaskan mereka adalah Kasubdit Barang Modal berinisial I, seorang PHL berinisial N dan broker berinisial MU.

Menurutnya, ada in­di­kasi tindak pidana suap dan pe­me­rasan dalam pro­ses dwelling time peti kemas di Pelabuhan Tan­jung Priok oleh Direktorat Jen­deral Pedagangan Luar Negeri Kementerian Perda­gangan. (h/sdc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:20:02 WIB

    Tiga Calon Independen Ramaikan Pilkada Bukittinggi

    Tiga Calon Independen Ramaikan Pilkada Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Tiga orang bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur independen diperkirakan akan ikut meramaikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020. Mereka .
  • Ahad, 24 November 2019 - 08:23:08 WIB

    Presiden Tiga Periode, Surya Paloh: Kenapa Enggak?

    Presiden Tiga Periode, Surya Paloh: Kenapa Enggak? SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) surya paloh menyatakan tidak keberatan jika masa jabatan presiden yang semula hanya dua periode ditambah menjadi tiga periode. Menurutnya, jika memang .
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:40:02 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Tiga Cakada Daftar ke NasDem Pasaman

    Jelang Pilkada 2020, Tiga Cakada Daftar ke NasDem Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Partai Nasdem telah resmi membuka pendaftaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 secara serentak di seluruh Indonesia, terhitung 1 hingga 23 Oktober 2019..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:06:41 WIB

    Ada Tiga Srikandi Cantik, Inilah 40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2019-2024

    Ada Tiga Srikandi Cantik, Inilah 40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2019-2024 PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Tiga perempuan atau srikandi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasaman Barat, periode 2019-2024..
  • Jumat, 26 April 2019 - 12:56:18 WIB

    Evaluasi Pilpres 2019, PA 212 Akan Gelar Ijtima Ulama Ketiga

    Evaluasi Pilpres 2019, PA 212 Akan Gelar Ijtima Ulama Ketiga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengatakan akan ada ijtima ulama ke-3 untuk mengevaluasi pemilihan presiden atau Pilpres 2019..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]