BMKG: El Nino Potensi Sebabkan Kekeringan


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:23:46 WIB

Tahun 2015 ini, feno­mena kekeringan terjadi di beberapa wilayah di Indo­nesia. Daerah-da­erah se­per­ti Jawa, Su­lawesi Se­latan, Lam­pung, Bali, NTB dan NTT telah mengalami hari tanpa hujan berturut-turut sa­ngat panjang.

“Jika dipantau dari Pe­ta Monitoring Hari Tanpa Hu­jan, wilayah-wilayah tersebut sudah kering sejak Mei 2015 lalu” ujar Andi.

Andi menyatakan, pan­­­jangnya musim ke­marau di beberapa tem­pat di Indo­nesia, teru­tama di sebelah selatan katulistiwa pada ta­hun 2015 ini, diduga meru­pakan dampak dari feno­mena El Nino yang telah mencapai level moderate dan diprediksi akan me­nguat mulai Agustus sam­­­pai dengan Desem­ber 2015.

“Tren penguatan El Ni­no 2015 ini ditun­juk­kan oleh adanya kenai­kan in­deks ENSO dari 1,6 pada bulan Juni men­jadi 2,2 pada bulan De­sem­ber 2015,” ujar Andi.

Daerah-daerah di Indo­­nesia yang ber­po­tensi ter­kena dampak El Nino 2015 meliputi Su­matera Selatan, Lam­pung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Se­la­tan dan Sulawesi Sela­tan.

Sementara itu, dalam pa­parannya, Andi juga mem­­prediksi panjang mu­­­sim kemarau di be­berapa wila­yah di Indo­nesia. NTB dan NTT telah memasuki mu­sim kemarau sejak bu­lan Ma­ret 2015 dan di­prediksi akan berlangsung sampai dengan November 2015. Sementara untuk wilayah Jawa memasuki musim ke­ma­rau sejak bu­lan April 2015 dan di­pre­diksi berl­ang­sung hing­ga Oktober 2015.

Peringatan lain juga di­sam­­paikan oleh Andi ada­lah dampak yang mung­kin ter­jadi pada sek­­tor lain. Pada sektor pertanian, hal ini dapat menyebabkan pan­jang­nya masa paceklik atau gagal panen. Pada sektor kehutanan El Nino dapat berdampak pada ke­ba­karan hutan dan lahan.

“Pada sektor kese­hatan berdampak pada kurang­nya ketersediaan air bersih dan mening­katnya demam ber­da­rah,” ujar Andi.

Namun demikian, ti­dak semua fenomena El-Nino berdampak negatif. Andi mengungkapkan pa­da sektor kelautan, feno­mena ini da­pat me­ning­katkan tang­ka­pan ikan dan potensi garam.

Dampak lainnya lagi dari fenomena El Nino adalah adanya kemun­du­ran awal musim hujan 2015/16 di beberapa daerah.

“Musim hujan 2015/16 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan mulai pada bulan No­vem­ber atau Desember,” kata Andi. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]