Harga BBM Dipastikan Tetap


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:29:24 WIB
Harga BBM Dipastikan Tetap

 

“Kalaupun ada evaluasi pada 1 Agustus nanti cuma statement saja, bahwa tidak ada penurunan atau kenaikkan,” tutur Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Ban­teng, Jakarta, Kamis (30/7).

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Terkait dengan kerugian Rp 12 Triliun yang dialami PT Per­tamina (Persero), Sofyan me­nyebut karena pada saat harga minyak tengah naik, harga BBM sempat ditahan untuk tidak naik. Maka dari itu, lanjut Sofyan, Pertamina perlu diberikan kom­pensasi yakni saat minyak dunia turun, harga tidak ikut turun atau berubah.

”Pertamina rugi iya, tapi kan ada penurunan crude (minyak) internasional. Jadi kan kom­binasi penurunan harga crude, p­e­le­mahan rupiah ada kerugian ar­tinya kita kemarin tidak me­ngikuti harga pasar sepenuhnya. Maka ini perlu dikompensasi,” jelasnya.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Sementara itu  Presiden Jokowi diminta konsisten dalam mene­rapkan kebijakan penetapan harga BBM. Terus berubahnya pen­e­tapan harga BBM yang dilaku­kan Ke­menterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menim­bulkan kesan pemerintah gemar melakukan coba-coba kebijakan yang terkait dengan hajat hidup orang banyak.

Ekonom Faisal Basri mengaku menyayangkan aksi coba-coba tersebut dan mengatakan peme­rintah semakin tidak trans­pa­ran dalam penetapan harga BBM.

“Evaluasi harga BBM bersub­sidi untuk kesekian kali diubah. Dari awalnya setiap bulan menjadi setiap dua mingu. Lalu balik lagi jadi setiap bulan, kemudian setiap tiga bulan. Terakhir bakal dieva­luasi setiap enam bulan,” ujar Faisal diku­tip dari blog pribadinya, Kamis (30/7).

Staf pengajar di Universitas Indonesia tersebut memperta­nyakan mengapa pemerintah mem­bu­at sulit diri sendiri dengan menerapkan kebijakan yang sema­kin tidak luwes dari realita fluktuasi harga minyak mentah dunia. (h/net)

BERITA POPULER Index »


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]