Harga BBM Dipastikan Tetap


Kamis, 30 Juli 2015 - 19:29:24 WIB

 

“Kalaupun ada evaluasi pada 1 Agustus nanti cuma statement saja, bahwa tidak ada penurunan atau kenaikkan,” tutur Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Ban­teng, Jakarta, Kamis (30/7).

Terkait dengan kerugian Rp 12 Triliun yang dialami PT Per­tamina (Persero), Sofyan me­nyebut karena pada saat harga minyak tengah naik, harga BBM sempat ditahan untuk tidak naik. Maka dari itu, lanjut Sofyan, Pertamina perlu diberikan kom­pensasi yakni saat minyak dunia turun, harga tidak ikut turun atau berubah.

”Pertamina rugi iya, tapi kan ada penurunan crude (minyak) internasional. Jadi kan kom­binasi penurunan harga crude, p­e­le­mahan rupiah ada kerugian ar­tinya kita kemarin tidak me­ngikuti harga pasar sepenuhnya. Maka ini perlu dikompensasi,” jelasnya.

Sementara itu  Presiden Jokowi diminta konsisten dalam mene­rapkan kebijakan penetapan harga BBM. Terus berubahnya pen­e­tapan harga BBM yang dilaku­kan Ke­menterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menim­bulkan kesan pemerintah gemar melakukan coba-coba kebijakan yang terkait dengan hajat hidup orang banyak.

Ekonom Faisal Basri mengaku menyayangkan aksi coba-coba tersebut dan mengatakan peme­rintah semakin tidak trans­pa­ran dalam penetapan harga BBM.

“Evaluasi harga BBM bersub­sidi untuk kesekian kali diubah. Dari awalnya setiap bulan menjadi setiap dua mingu. Lalu balik lagi jadi setiap bulan, kemudian setiap tiga bulan. Terakhir bakal dieva­luasi setiap enam bulan,” ujar Faisal diku­tip dari blog pribadinya, Kamis (30/7).

Staf pengajar di Universitas Indonesia tersebut memperta­nyakan mengapa pemerintah mem­bu­at sulit diri sendiri dengan menerapkan kebijakan yang sema­kin tidak luwes dari realita fluktuasi harga minyak mentah dunia. (h/net)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Agustus 2019 - 15:06:23 WIB

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan

    Partisipasi Pemilih Tinggi, KPU Sawahlunto Serahkan 60 Piagam Penghargaan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menyerahkan piagam penghargaan kepada 60 lembaga dan instansi, sebagai wujud terima kasih atas terselenggaranya pemilihan umum (Pemilu) 2019 dengan su.
  • Jumat, 16 September 2016 - 04:27:03 WIB
    SENATOR ISYARATKAN TOLAK AMANDEMEN UUD 1945

    Penguatan DPD RI Harga Mati

    JAKARTA, HALUAN — Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di MPR ternyata gerah juga terhadap DPR. Meski mengantongi keterwakilan lebih besar dari masyarakat di daerahnya, tapi para senator ini mempunyai kewenangan yang sang.
  • Rabu, 07 Oktober 2015 - 20:01:39 WIB

    Pemerintah Turunkan Harga Solar

    PAKET EKONOMI JILID III DILUNCURKAN

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Koor­dinato.

  • Kamis, 23 Juli 2015 - 20:00:41 WIB

    1 Agustus, Pemerintah Evaluasi Harga BBM

    JAKARTA, HALUAN — Pemerintah akan segera mengevaluasi harga bahan bakar minyak, menyusul turunnya harga minyak dunia saat ini, yakni di bawah US$ 50 per barel. Namun demikian, belum ada jaminan harga BBM.

  • Jumat, 12 Juni 2015 - 19:22:47 WIB

    Bulog Gagal Kendalikan Harga Beras

    JAKARTA, HALUAN — Mantan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso  menilai Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dinilai telah gagal mengen­dalikan harga dan memenuhi target peningkatan penyera.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]